Mengenal Digitalis Tanaman Berkhasiat Obat Yang Bisa Mematikan

Digitalis atau digitalis purpurea adalah tanaman asal Eropa Selatan yang  bertampilan indah. Biasa dijadikan sebagai tanaman hias, nama digitalis itu berasal dari bahasa Jerman. Dalam bahasa Inggris tumbuhan ini disebut foxglove, artinya sarung tangan rubah, ada sebuah legenda tentang nama itu yaitu, dahulu rubah mengenakan bunga digitalis untuk meredam suara langkahnya agar ayam yang tertidur dalam kandang tidak mendengarnya sehingga gampang disergap.

Selain digunakan sebagai tanaman hias digitalis juga dikenal sebagai tanaman obat dengan khasiatnya yang paling utama mencegah penyakit jantung. Digunakan pertama kali pada abad ke-17 di Inggris, untuk menyembuhkan seorang penderita penyakit gembar gembur. Dalam sejarahnya pengobatan dengan digitalis diketahui telah menyembuhkan ribuan orang pengidap sakit jantung. 

Selain itu digitalis juga memiliki efek sebagai antidiare, antiradang, bisa menurunkan suhu tubuh serta diuretik. 

Beberapa Manfaat Digitalis Untuk Kesehatan

digitalis

1. Meningkatkan aliran darah

Digitalis dapat meningkatkan aliran darah, kemampuannya yang bisa membersihkan pembuluh darah akan menjamin kelancaran aliran darah di seluruh tubuh. Termasuk aliran yang menuju otak.

Aliran darah beroksigen yang mengalir sampai ke otak akan membuat pikiran menjadi terang dan jernih. Dan bebas dari rasa sakit, termasuk rasa sakit saat sedang sakit kepala.

2. Meredakan berbagai gangguan pada sistem saraf

Penelitian telah mengungkapkan bahwa tanaman ini bisa meredakan gejala gejala awal penyebab timbulnya serangan epilepsi. Efek digitalis yang dapat menenangkan sistem saraf ini juga berguna untuk meredakan penyakit lain yang berhubungan dengan gangguan sistem saraf, contohnya stres.

3. Mengeluarkan zat yang tidak dimetabolisma tubuh

Digitalis ini dikenal sebsgai tanaman yang punya kemampuan untuk menghilangkan zat zat yang tidak diperlukan yang tidak dimetabolisme dalam tubuh. 

Zat yang dimaksud itu biasanya berada dalam berbagai organ,

4. Membantu proses detoksifikasi

Sebagai diuretik alami digitalis bisa meningkatkan buang air kecil sehingga proses penghilangan racun dari dalam tubuh bisaberjalan lancar. Sekaligus proses itu juga akan mengurangi lemak serta garam yang berlebihan. Sehingga organ  ginjal dan hati bisa terbantu kesehatannya.

5. Menguatkan tulang dan gigi

Sebagai sumber vitamin C tumbuhan ini dapat memberi manfaat banyak. Di dalam tubuh digitalis akan meningkatkan proses pembentukan kolagen dan sel darah merah yang akan menguatkan serta membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

6. Meredakan hipotensi

Tekanan darah rendah atau hipotensi erat kaitannya dengan kondisi otak yang tidak bisa bekerja maksimal akibat kurangnya suplai aliran darah. Tanaman ini juga memiliki kemampuan mengontrol detak jantung dan meningkatkan  tekanan darah. Digitalis bisa menjadi obat yang bagus untuk penderita hipotensi asal digunakan dengan cara yang benar. 

7. Mengurangi pendarahan dan menyembuhkan luka

Digitalis yang  bisa mengeraskan arteri dan pembuluh darah ini berkhasiat untuk mengurangi pendarahan.

Selain itu kandungan minyak esensialnya yang dapat merangsang proses regeneras jaringan kulit sangat berguna untuk menyembuhkan luka di kulit.

Selain itu infus daun digitalis adalah obat oles yang sangat ampuh untuk menyembuhkan bisul dan varises.

8. Meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular

Digitalis sangat terkenal dengan manfaatnya sebagai penguat kardiovaskular sehingga orang yang memiliki masalah gangguan irama jantung bisa terbantu jika menggunakan tanaman ini.

Digitalis akan meningkatkan kemampuan jantung,  mengalirkan darah, mendistribusikannya ke seluruh tubuh secara normal.

9. Meredakan peradangan

Penderita arthritis dan asam urat bisa mempertimbangkan digitalis yang mengandung bahan aktif yang berkualitas tinggi ini sebagai pereda rasa sakit dan antiradang.

Pemakaiannya umumnya dalam bentuk salep atau krim. Digunakan sebagai obat luar, dioleskan pada bagian yang sakit.

10. Sebagai antioksidan

Digitalis mengandung banyak vitamin C. Flavonoid dan beta-karoten juga tersedia.

Ketiganya adalah adalah bahan yang kuat sebagai antioksidan. Di dalam tubuh ketiganya akan bekerja bersama membersihkan tubuh, meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Kerja jantung pun jadi meningkat.

11. Membantu menurunkan kolesterol

Mengandung senyawa yang memiliki kemampuan menghambat sintesis kolesterol dan meningkatkan proses ekskresi dalam empedu, digitalis bisa membantu mengurangi kadar kolesterol total dalam darah.

12. Meredakan demam

Ada satu kandungan dalam akar tanaman ini  bermanfaat sebagai penurun panas. Kandungan yang bernama antifebrile sangat baik untuk meredakan demam.

Efek samping

Sebagaimana layaknya tananam obat lain, diketahui bahwa penggunaan digitalis yang berlebihan juga bisa menyebabkan. 

Jika digunakan dengan cara yang benar digitalis yang bisa mengatasi masalah jantung ini mungkin bisa menyelamatkan nyawa. Namun ketika digunakan dalam pengobatan herbal,  menentukan dosis yang tepat sangat susah sehingga dalam keadaan apapun sebaiknya jangan meramu sendiri dan mengkonsumsi digitalis.

Tanaman ini sangat beracun. Jika dikonsumsi berlebihan bisa merusak ginjal. 

Dan menyebabkan kematian.

Telah banyak orang yang menderita keracunan akibat digoxin yaitu bahan aktif utama tanaman ini. 

Dan telah banyak pula orang mengalami hal yang sama meski penyebabnya hanya sebatas minum air yang sumber mata airnya berasal dari dekat digitalis tumbuh. 

Sesungguhnya cara paling aman adalah menggunakan ekstraknya yang berasal dari produk industri farmasi. 

Itupun karena telah diresepkan oleh dokter.

Demikian ulasan tentang ini mengenal digitalis tanaman berkhasiat obat yang bisa mematikan ini.

Semoga bermanfaat.









Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel