Manfaat Buah Quince Termasuk Mengobati Tukak Lambung Dan Kemandulan

Buah quince kurang dikenal. Meskipun sebenarnya buah ini adalah makanan super. Buah yang rasanya asam saat mentah dan berubah menjadi enak ketika sudah ranum ini memiliki berbagai nutrisi penting yang bermanfaat meningkatkan fungsi organisme. Banyak studi yang telah mengungkapkan bahwa quince dan rebusan buahnya adalah antimikroba alami yang bermanfaat menyembuhkan diare. 

Buah yang juga disebut dengan nama pir jepang ini juga bisa memberi manfaat penting untuk mengatasi penyakit yang berkaitan dengan tekanan darah tinggi atau pembuluh darah. Makan buah quince  secara teratur akan memberi tambahan energi pada tubuh, yang selain berguna untuk menambah  kekuatan fisik tentu itu juga akan meningkatkan kesehatan mental.

Nama ilmiah tanamannya Cydonia oblonga, tinggi pohonnya cuma rata rata tiga meter, meski ada juga yang bisa mencapai enam meter. Buahnya mirip buah pir, walau beratnya hanya sekitar 90 gram tapi itu adalah buah penuh manfaat. yang  beberapa diantara manfaatnya itu akan diulas di bawah ini.

Beberapa Manfaat Buah Quince Untuk Kesehatan

buah-quince

1. Mencegah penyakit kardiovaskular

Buah quince adalah makanan yang sangat berguna buat jantung. Efeknya yang bisa meningkatkan sirkulasi darah akan membuat jantung tidak perlu bekerja keras. Karena bebannya sudah berkurang. 

Mineral kalium pada quince akan menjaga tekanan darah. Mineral yang tersedia pada buah quince itu akan membantu penyebaran cairan ke setiap sel dalam tubuh. Sehingga pembuluh darah akan menjadi relaks. Pembuluh arteri juga demikian. Menjadi relaks, karena tekanan pada sistem kardiovaskular telah berkurang.

Keuntungan tambahan yang diperoleh jantung bukan cuma itu. 

Daging buah quince juga bisa membantu proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Racun dimaksud adalah materi materi pembuat tingginya tekanan darah. Degradasi lemak umpamanya, buah quince mampu menghambat lemak itu sehingga  tidak akan masuk ke dalam aliran darah. Itu akan membuat jantung semakin aman karena aterosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah tidak akan terjadi.

2. Menjaga kesehatan ginjal

Buah quince mampu merangsang kerja ginjal dalam hal meningkatkan produksi urin. Proses buang air kecil Anda akan lancar normal. Tentu saja racun pun akan ikut keluar. Bahkan bakteri pun tidak akan pernah sampai pada saluran kemih.

Dengan sendirinya kerja ginjal pun semakin efektif karena organ itu tidak akan mengalami retensi cairan dan bebas dari bakteri.

3. Membantu mengobati tukak lambung

Salah satu manfaat fenolik yang terkandung dalam buah quince ini adalah meredakan tukak lambung. Beberapa sumber menganjurkan agar penderita tukak lambung mengkonsumsi jus quince, efeknya yang bisa menenangkan saluran pencernaan itu akan membantu sembuhnya tukak lambung.

4. Meningkatkan kesuburan pria

Buah quince memiliki sedikit sifat afrodisiak. Tapi yang lebih dominan adalah efeknya yang bisa meningkatkan produksi sperma. Sekaligus mencegah kemandulan dan meningkatkan kesuburan pada pria. 

Tentu saja kesuburan sangat didambakan oleh seorang calon ayah dan rutin makan buah quince bisa menjadi salah satu pilihan untuk mendapatkan kesuburan tersebut.

Makan saja buah segarnya secara alami.

5. Mengobati diare

Buah quince terutama bijinya banyak mengandung tanin.

Kandungan tanin ini bisa mengendurkan otot otot perut. Anda bisa aman dari kejang usus. Itu akan membuat frekwensi buang air besar Anda tidak terganggu. 

Di dalam toilet Anda juga tidak  perlu khawatir karena keluarnya tinja tidak lagi didominasi oleh cairan. Feses yang keluar kini adalah yang lebih padat namun tetap terhidrasi.

Kandungan air pada buahnya memang tinggi Buah itu akan menjaga tubuh Anda  terhindar dari dehidrasi akibat diare itu.

6. Meredakan mual pada wanita hamil

Buah quince adalah antispasmodik yang berguna besar untuk meredakan mual dan muntah, termasuk mengurangi mual di pagi hari, yang kerap dialami wanita hamil.

Makanlah buah ini sebanyak yang Anda bisa.

Maka rasa mual Anda di pagi hari akan berkurang.

7. Meningkatkan kesehatan rambut

Beberapa mineral yang tekandung dalam buah quince seperti besi, tembaga dan seng adalah elemen yang berperan banyak untuk keberhasilan pembentukan sel darah merah.

Pembentukan sel darah merah mutlak perlu, itu akan berimbas pada peningkatan sirkulasi darah ke sekujur tubuh, termasuk ke kulit kepala sehingga kesehatan folikel rambut juga meningkat.

Hingga rambut pun bisa tumbuh dengan subur.

8. Mencegah alergi dan peradangan pada kulit

Salep yang menggunakan buah quince sebagai bahannya adalah obat yang efektif mengontrol reaksi alergi.

Dioleskan pada kulit, salep itu banyak memberi bantuan. Meredakan peradangan pada dermatitis atopik contohnya. Juga pada gangguan lain yang dialami kulit.

Buah quince tidak biasa dimakan segar saat masih mentah. 

Tetapi justru buahnya yang sudah matang itu adalah sumber vitamin C yang baik. 

Terkait peradangan, selain meningkatkan kekebalan tubuh vitamin C juga memiliki sifat anti-alergi, itu berguna untuk mencegah peradangan pada kulit.

cara mengolah buah quinci mentah

-membuang inti dan semua bijinya, jika ada bagian yang lunak juga dibuang, mungkin itu sudah rusak

-dimasak dengan api kecil sampai daging buah itu lunak

Dibeli, di supermarket mungkin ada tapi Anda perlu memperhatikan kandungan gulanya, kelebihan gula bisa tidak baik untuk kesehatan Anda.

kontraindikasi

Tidak ada kontraindikasi, tidak ada efek samping akibat makan buah ini. 

Quince adalah anugerah alam, selain menambah tenaga buah penuh manfaat ini memberi bantuan penting mencegah dan mengobati berbagai gangguan kesehatan, termasuk seperti yang telah dibahas di atas tadi.

Demikianlah tentang manfaat buah quince termasuk mengobati tukak lambung dan kemandulan ini.

Semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel