Manfaat Kawista Berikut Cara Mengolahnya

Bentuk buah kawista  sedikit mengarah seperti buah kelapa. Kulitnya keras dan tebal. Buahnya tidak akan rusak meskipun terbanting ke tanah setelah terjatuh dari pohonnya yang tingginya bisa sampai 12 meter. Daging buahnya bisa dimakan, rasanya asam. Untuk mengurangi rasa asam orang biasanya mencampur jus buah kawista dengan madu atau gula merah.

Tanpa bermaksud mengusik julukan buah ini sebagai 'makanan orang miskin', seberapa enak pun rasa buah ini, itu tidak begitu penting. Karena  hal yang paling menarik perhatian dari buah ini adalah manfaatnya yang sungguh banyak untuk kesehatan. 

Bisa menyembuhkan masalah pencernaan, mengobati diabetes, gangguan pernafasan, mengatasi anemia,  meredakan gangguan pada telinga dan masih banyak lagi yang lainnya. Tanaman kawista juga memiliki sifat antivirus dan antijamur.

Buah kawista ini memang mengandung banyak nutrisi. Mengandung berbagai jenis vitamin, bermacam mineral, fitonutrien, polifenol dan lain lain, kawista memang layak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaatnya.

Beberapa Manfaat Buah Kawista Untuk Kesehatan

buah-kawista

1. Meredakan masalah pernafasan

Daun tanaman ini  bisa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Memiliki sifat ekspektoran daun itu juga dikenal ampuh mengatasi batuk dan pilek.

Penumpukan dahak di tenggorokan juga bisa dihilangkan.

2. Mengobati disentri

Getah yang berasal dari pohonnya bisa diolah menjadi obat untuk menyembuhkan diare. Juga bisa mengobati disentri, termasuk disentri kronis. Khusus untuk diare manfaat yang lebih ampuh bisa diperoleh dengan mengkonsumsi buahnya yang masih mentah.

3. Mengobati sakit telinga

Menggunakan akar pohonnya yang dihaluskan lebih dulu, kemudian airnya diteteskan ke bagian dalam telinga.

4. Mencegah penyakit kudis

Sangat kaya akan vitamin C, mengkonsumsi buah yang juga bernama buah bael ini sangat bermanfaat mencegah kudis.

5. Mengatasi sembelit

Mengkonsumsi buah kawista yang sudah matang bisa mengatasi sembelit. 

Ramuan yang terbuat dari buahnya yang dicampur dengan lada hitam dan garam adalah ramuan yang manjur untuk mengeluarkan racun dari saluran pencernaan.

6. Mengobati ambeien

Buah kawista juga bermanfaat meredakan sakit maag dan gejala wasir. Buahnya yang mengandung tanin itu adalah pencahar alami yang mengandung antiinflamasi.

7. Mengobati gigitan binatang berbisa

Daun tanamannya bermanfaat mengobati gigitan binatang berbisa seperti ular dan hewan lain yang berbisa. Manfaatnya terutama untuk meredakan rasa sakit dan mengatasi peradangan.

Juga untuk mempercepat penyembuhan karena buah ini juga bersifat antivirus, antimikroba sehingga infeksi pada luka bisa dicegah.

Anda juga bisa menggunakan kulit kayu dan akarnya untuk tujuan yang sama sebagaimana biasa dilakukan dalam pengobatan tradisioal India.

8. Mencegah depresi

Terutama bagi para ibu yang baru melahirkan, saat saat seperti itu beberapa di antara mereka bisa mengalami depresi dan mengkonsumsi buah kawista bermanfaat mencegah hal itu terjadi.

9. Membersihkan darah

Membiasakan diri makan kawista dicampur sedikit gula sangat berguna untuk menghilangkan racun yang terkandung dalam darah. 

Darah yang tidak tercemar racun akan membuat organ hati menjadi lebih sehat sehingga tidak mengalami kerusakan.

10. Meredakan tekanan darah tinggi

Minum air rebusan beberapa lembar daun tanaman kawista  berfaedah tinggi untuk menurunkan tekanan darah.

11.Meningkatkan energi

Rutin makan buah asli India ini bisa meningkatkan energi. Protein yang ada di dalam buah ini dipercaya mampu meningkatkan pertumbuhan otot yang selanjutnya akan menambah tingkat  energi Anda.

12. Meningkatkan kekebaan tubuh

Antioksidannya adalah vitamin C, vitamin A. Beberapa kandungan senyawanya yang juga berperan sebagai anti oksidan adalah fitonutrien, polifenol dan favonoid.

Cara mengolah buah kawista

Buah kawista tidak biasa dikupas, mungkin karena sulit melakukannya dan hasilnya juga tidak maksimal.

Buahnya dipecahkan dengan palu, jika ingin langsung dimakan bisa diambil langsung dari cangkangnya yang sudah pecah. Tetapi daging buah itu umumnya diolah menjadi selai.

Di beberapa negara, daging kawista dicampur es dan dibuat minuman. 

Ada juga yang dibekukan menjadi es krim.

Efek samping bisa terjadi hanya jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan. 

Bisa menyebabkan perut kembung dan sembelit.

Jadi konsumsilah tidak berlebihan, terutama bagi orang yang lambungnya bermasalah.

Demikian tentang manfaat kawista berikut cara mengolahnya ini.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel