Simak 10 Manfaat Rumput Barley, Tanaman Kuno Makanan Para Gladiator

Kurang dikenal tanaman ini, terkait dengan manfaatnya untuk kesehatan manusia. Meski barley adalah salah satu rumput yang pertama dibudayakan. Walau banyak literatur yang mengatakan bahwa ribuan tahun lalu tumbuhan ini telah dimanfaatkan dalam produksi minuman kuno. Pada zaman Yunani kuno rumput barley adalah makanan para atlet. Bahkan para gladiator masa Roma kuno juga mengkonsumsi rumput barley sebagai makanan utama. 

Sebenarnya kandungan tumbuhan yang punya nama latin hordeum vulgare ini tidak berbeda jauh dengan kandungan tumbuhan daun yang lain. Beberapa perbedaan hanya pada perbandingan kandungannya. Vitamin C jus rumput barley 7 kali lebih banyak dari pada jus jeruk, kalsiumnya 11 kali daripada susu.

Mengandung beberapa enzim yang mampu menghancurkan sel kanker, rumput barley juga punya khasiat istimewa yaitu bisa menjaga sel sel tubuh terhindar dari dampak radiasi.Apa saja manfaat rumput barley itu, baiklah kita simak berikut di bawah ini

Beberapa Manfaat Rumput Barley Untuk Kesehatan

rumput-barley

1. Menyehatkan sistem pecernaan

Makan barley bisa mengurangi rasa kembung.

Tanaman rumput barley adalah obat yang sangat baik untuk mencegah peradangan pada saluran pecernaan.

Peradangan dimaksud adalah peradangan yang terjadi pada lapisan terdalam di usus besar. Itu adalah gangguan kesehatan serius yang harus segera diatasi. 

Jika tidak akan menimbulkan masalah baru. Pengidapnya akan menderita kanker usus besar.

Rumput barley adalah tumbuhan hijau yang super. Antioksidannya mampu menghilangkan racun dari dalam tubuh.Mampu mencegah berbagai gangguan pada sistem pencernaan termasuk mencegah peradangan pada lapisan terdalam usus besar.

Terakhir tanaman yang juga disebut jelai ini adalah makanan yang sangat membantu mencegah sembelit.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Rumput barley memiliki berbagai nutrisi penting penunjang sistem kekebalan tubuh. Vitamin A , B9, C dan vitamin E tersedia dalam tanaman ini. Dilengkapi juga dengan mineral seng serta selenium. 

Semua nutrisi itu bisa membuat pertahanan tubuh Anda meningkat. Anda akan aman dan tidak akan mengalami flu serta pilek. 

Tambahan lagi, enzim seperoksida dismutase dan katalase adalah adalah dua kandungan istimewa yang terdapat dalam tumbuhan ini, yang nanti di dalam tubuh akan bekerja sebagai perusak dan penghancur sel kanker.

3. Menguatkan tulang dan otot

Selain mineral seng dan selenium, rumput barley juga dilengkapi dengan mineral lain yang sangat dibutuhkan tulang seperti fosfor, magnesium dan manesium.

Kadar kalsiumnya bahkan 11 kali dari yang dimiliki susu. 

Kalium yang sangat berguna untuk pembentukan otot, juga dimiliki oleh rumput barley. Kalium ini pulalah yang akan memulihkan otot otot Anda yang pegal sehabis bekerja keras.

Sehingga Anda, yang walau sudah berusia diatas 40 tahun pun tidak akan mudah mengalami kram.

4. Meningkatkan kesehatan otak

Pada orang berusia lanjut rumput barley adalah makanan yang sangat berguna. Terutama untuk mencegah degenerasi neuron.

Degenerasi neuron adalah kondisi di mana fungsi sel sel syaraf telah mulai rusak. Hingga kerja otak pun ikut terganggu. Jika sudah demikian pengidap degenerasi neuron pun akan menderita penyakit susulan seperti Parkinson ataupun Alzheimer.

Mengkonsumsi rumput barley sangat dianjurkan untuk mencegah degenarasi neuron. Tumbuhan ini mengandung vitamin B12, B6 dan B9. Ketiga vitamin itu bermanfaat untuk mengurangi resiko menurunnya kerja otak. 

Rumput barley adalah tumbuhan yang tidak terkenal, namun sangat berguna untuk membuat otak dan sistem saraf tetap bekerja normal.

5. Melindungi tubuh dari bahaya radiasi

Orang yang rutin mengkonsumsi rumput barley bisa lebih terjaga dari beberapa efek buruk radiasi ultra violet. Salah satu efek buruk itu adalah terjadinya stres.

Radiasi ultra violet bisa mengakibatkan stres dan rutin mengkonsumsi rumput barley adalah salah satu cara alami yang terbaik untuk mencegah stres itu. Tanaman ini memiliki kemampuan merangsang pembentukan sel sel baru termasuk sel darah untuk memulihkan jaringan yang rusak. 

Perbaikan itu terjadi tanpa efek samping. 

Klorofil, vitamin B dan zat besi adalah kandungan di dalamnya yang akan memberi bantuan terbesar untuk proses pembentukan dan peremajaan sel sel tersebut.

6. Membantu mengurangi panas

Jus yang terbuat dari rumput barley adalah minuman ampuh pengurang panas tubuh. Minuman itu akan membari bantuan positif jika dikonsumsi oleh orang yang sedang mengalami gangguan kesehatan yang disertai suhu tinggi.

7. Membantu Keseimbangan asam alkali di dalam tubuh

Sebagai makanan rumput barley memiliki sifat super basa. 

Berkat sifat yang dimilikinya tumbuhan ini bisa sangat membantu mengurangi kelebihan asam di dalam tubuh. Dan orang yang teratur mengkonsumsinya akan terhindar dari asidosis, yaitu kondisi tubuh dengan kelebihan kadar asam.

Kondisi itu sangat berbahaya, orang yang mengalaminya akan menderita napas yang pendek, frekwensi denyut jantung meninggi, sakit kepala, linglung bahkan kehilangan kesadaran

8. Menghentikan kecanduan alkohol

Rumput barley bisa diandalkan untuk menghentikan kecanduan seseorang akan berbagai makanan atau minuman yang berbahaya.

Rajin mengkonsumsi rumput barley bisa menghentikan kecanduan pada alkohol. 

Pecandu nikotin juga lambat laun akan berhenti merokok. 

9. Meningkatkan elastisitas kulit

Rumput barley memiliki antioksidan yang sangat ampuh dengan efeknya yang bisa memperlambat tanda penuaan. Penampilan kulit bisa terpelihara, Anda akan kelihatan lebih muda dengan elastisitas kulit yang meningkat dan lebih halus.

10. Membantu meningkatkan daya tumbuh rambut

Memiliki kandungan tiamin dan niasin, barley juga punya manfaat meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu mineral tembaganya akan menjaga warna rambut Anda tetap seperti warna aslinya.

Cara mengkonsumsi dan efek samping

Rumput barley yang dimaksud dalam tulisan ini adalah rumput yang ditanam melalui bijinya,  ketika sudah berkecambah dan berusia 9 hari langsung dipanen.

Rumput barley itu banyak tersedia dalam bentuk olahan pabrik. 

Rumput barley adalah makanan hijau yang super dan aman untuk semua orang. Untuk semua usia, dengan pengecualian pada orang yang sensitif pada gluten.

Mereka bisa mengalami mual dan gatal gatal pada kulit jika mengkonsumsi tanaman ini.

Dosis yang dianjurkan adalah maksimal 2 gelas jus rumput barley.

Untuk mengetahui dosis yang tepat, orang yang memiliki kondisi khusus seperti sedang hamil atau menyusui disarankan untuk sebelumnya minta saran dokter sebelum mengkonsumsi rumput barley.

Demikian ulasan tentang simak 10 manfaat rumput barley, tanaman kuno makanan para gladiator ini.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel