10 Manfaat Buah Zucchini Untuk Kesehatan

Sama sepert labu, semangka, melon dan mentimun, zucchini yang berbeda dengan mentimun ini masih termasuk family cucurbitaceae. Tidak seperti mentimun yang dikategorikan sayuran zucchini dikenal sebagai buah. 

Usia tumbuhan bernama ilmiah cucurbita pepo ini bisa mencapai satu tahun. Zucchini adalah makanan serbaguna yang dapat dimakan segar ataupun setelah dimasak. 

Zucchini kaya antioksidan. Juga mengandung banyak serat. Kandungannya dilengkapi pula dengan ketersediaan berbagai vitamin dan mineral sehingga makanan ini bisa memberi berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Manfaat itu antara lain adalah seperti berikut di bawah ini.

Beberapa Manfaat Zucchini Untuk Kesehatan

buah-zucchini

1. Membantu menurunkan berat badan

Zucchini bukanlah makanan yang kaya karbohidrat dan itu adalah alasan yang tepat yang membuat buah ini cocok untuk menurunkan berat badan. Kandungan karbohidratnya yang hanya 3,1 gram per 100 gram zucchini ini tidak akan membuat lemak dalam tubuh Anda meningkat. 

Satu lagi hal positifnya adalah zucchini rendah kalori, yaitu 19 kalori per 100 gram zucchini. 

Ketika Anda makan makanan rendah kalori seperti zucchini ini tubuh akan serta merta menggunakan lemak yang tersimpan dalam tubuh sebagai sumber tenaga. Begitulah prosesnya zucchini menurunkan jumlah lemak dan mengurangi berat badan.

Tidak perlu khawatir akan kelaparan setelah makan zucchini yang rendah kalori ini karena kandungan seratnya akan membuat Anda lebih lama merasa kenyang.

Sambil tujuan Anda untuk mengurangi kadar lemak dalam tubuh bisa berhasil.

2. Membantu mengontrol gula darah

Makanan yang rendah karbohidrat akan membuat kadar gula darah senantiasa terkontrol. Selain mencegah diabetes buah zucchini juga sangat baik bagi orang yang sudah mengidap diabetes. 

Karena zucchini adalah makanan yang rendah glikemik. Kandungan seratnya adalah pektin, yang bisa  menunda penyerapan glukosa dalam darah.

3. Meningkatkan kesehatan mata

Rabun senja terjadi karena tubuh kekurangan vitamin A. 

Zucchini yang kaya vitamin A ini akan membantu Anda terhindar dari buruknya penglihatan pada senja dan malam hari.

Zucchini mengandung lutein dan xeaxanthin. Keduanya adalah  antioksidan yang akan bekerja bersama sama meningkatkan penglihatan dan  mencegah katarak. Secara alami lutein sudah ada tersedia di dalam mata. Tetapi karena tubuh tidak bisa memproduksinya maka mengkonsumsi zucchini bisa membuat mata tetap sehat dan tidak kekurangan lutein. 

Xeaxanthin juga hanya tersedia dalam tumbuhan termasuk zucchini.

4. Mencegah osteoporosis

Kaya akan kalsium zucchini akan membuat tulang Anda menjadi lebih kuat sehingga bisa terhindar dari osteoporosis.

Gigi Anda juga akan semakin kuat.

5. Mencegah anemia

Tubuh Anda yang lemah dan miskin energi bisa berubah jika rutin mengkonsumsi zucchini. Buah yang kaya zat besi ini akan  membantu mengatasi anemia Anda dan membuat Anda pulih dari kelemahan.

6. Menurunkan tekanan darah

Xucchini mengandung banyak potasium.

Selain bisa menurunkan tekanan darah potasium juga akan membantu meningkatkan kesehatan otak sehingga bermanfaat mencegah terjadinya stroke.

7. Mencegah kanker

Zucchini adalah salah satu buah yang banyak mengandung vitamin B. 

Penelitian mengungkapkan bahwa vitamin B  pada zucchini bisa mengurangi kemungkinan rusaknya DNA. 

Kerusakan DNA adalah salah satu faktor penyebab kanker dan mengkonsumsi zucchini bisa mempekecil peluang Anda untuk mengidap kanker.

8. Mengobati pembesaran kelenjar prostat

Penyakit yang tidak tergolong kanker ini terjadi karena kelenjar prostat membesar membentuk ukuran dan wujud yang aneh. Penyakit yang dapat menimbulkan gangguan aktivitas. Kenyamanan tidur di malam hari juga selalu terusik karena rasa ingin buang air yang sering terjadi. Melansir Healthline buah zucchini diyakini bisa meredakan pembesaran prostat dan memulihkan kesulitan buang air kecil.

9. Menyehatkan kulit

Zucchini bisa bisa menghilangkan kulit kering dan bersisik, mengubahnya menjadi kulit yang sehat. Anda akan mendapatkan manfaatnya yang mampu melembabkan kulit dengan cara mengkonsumsinya secara teratur.

10. Melancarkan pencernaan

Gastritis adalah salah satu gangguan pencernaan yang dapat menimbulkan rasa nyeri pada perut. Juga bisa mengakibatkan mual serta muntah.

Zucchini adalah makanan alami yang mampu membuat pencernaan menjadi lebih baik,termasuk mampu mengatasi keluhan yang sering dialami oleh penderita gastritis.

Cara mengkonsumsi zucchini

Bisa dimakan mentah, jika ingin memasaknya secara sederhana cukup dengan merebusnya dan dikomsumsi sebagai sayuran.

Demikian 10 manfaat buah zucchini untuk kesehatan ini, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel