7 Manfaat Damiana,Tanaman Legal Dengan Efek Mirip Ganja, Untuk Kesehatan

Damiana adalah tanaman semak berkayu yang mudah tumbuh. Berasal dari benua Amerika tanaman ini ada dua jenis yang masing masing bernama ilmiah turnera diffusa W dan turnera aphrodisiaca Ward.

Memiliki bunga berwarna kuning yang aromatik dan kerap dihinggapi lebah, tumbuhan yang tingginya bisa 2 meter ini dapat ditemukan di area tanah kosong maupun di areal kebun namun jika Anda ingin membelinya damiana dijual oleh para pedagang tanaman.

Damiana biasanya dimanfaatkan terkait dengan khasiatnya yang bisa mengobati bronkitis, kram menstruasi, mengatasi masalah pencernaan, demam, kelelahan dan untuk berbagai masalah kesehatan lain. 

Langsung kita simak saja tentang :

Beberapa Manfaat Damiana Untuk Kesehatan

damiana

1. Membantu menurunkan berat badan

Berbagai penelitan mengatakan bahwa makanan yang mengandung damiana bisa mengurangi bobot badan. Apabila dikombinasikan dengan tanaman lain dipercaya prmakaian tumbuhan ini bisa menjadi lebih efektif.

2. Mengobati sakit kepala

Sakit kepala bisa diderita karena berbagai sebab. Dan ramuan yang mengandung  damiana dapat digunakan meredakannya, termasuk sakit kepala yang menimpa wanita pramenstruasi.

3. Menghentikan diare

Efek damiana untuk menghentikan diare adalah berkat kemampuan tumbuhan ini yang bisa menyempitkan saluran usus.

Menggunakan damiana dalam dosis rendah bisa menghentikan diare.

4. Mengatasi sembelit

Tapi jika digunakan dalam dosis sangat tinggi efek tanaman ini akan berubah menjadi pencahar.

5. Meredakan kecemasan

Secara tradisional damiana adalah bahan membuat dupa. Aroma asapnya yang dihirup akan memberi efek menenangkan.

Efek relaksasinya bisa sampai satu jam, namun ini adalah cara yang berbahaya karena karbon dioksida bisa masuk ke paru paru.

Lebih baik menggunakan ekstrak damiana. 

Ada kandungan flavonoid khusus pada damiana, yaitu apigenin

Melansir tandfonline kandungan epigenin pada damiana inilah yang membuat tanaman itu bermanfaat sebagai obat pereda stres. 

Efeknya yang mirip ganja itu dipercaya bisa mengurangi depresi dan rasa gugup.

Meski memiliki efek seperti ganja damiana legal di sebagian besar negara dan sejak dulu telah digunakan sebagai obat tradisional termasuk untuk meredakan kecemasan.

Daun segarnya beraroma buah persik dan jeruk limau.

Tapi merokok daun keringnya yang wangi asapnya memang seperti aroma ganja ini -cuma lebih ringan- juga bisa membuat euforia ringan dan relaksasi. 

Selain merokok daun damiana teh damiana juga memberi efek relaksasi.

6. Meningkatkan libido

Daun damiana terkenal dengan sifat afrodisiaknya. berbagai kandungannya dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual.

Penduduk asli Meksiko sejak dahulu telah menggunakan tanaman ini sebagai peningkat energi dan stimulasi seksual.

Kandungan alkoloid damiana bisa merangsang pembentukan hormon testosteron. 

Dan pada wanita damiana akan mengembalikan kemampuan mencapai orgasme.

Sebuah studi yang mencari tahu tentang efek damiana ini pernah mencobanya pada tikus impoten dan ternyata tikus mengalami peningkatan ejakulasi.

Hasil studi itu juga mencoba damiana ini pada tikus yang berlibido rendah dan hasilnya terjadi peningkatan aktivitas seksual pada hewan tersebut.

7. Mengobati masalah buang air kecil

Di Amerika Latin damiana digunakan untuk mengobati masalah buang air kecil dan infeksi saluran kemih, meski belum ada catatan ilmiah yang mendukung keberhasilannya yang jelas damiana memang mengandung arbutin. 

Mengutip ALODOKTER arbutin adalah suatu zat pemutih kulit yang juga digunakan untuk menyembuhkan infeksi saluran kemih.

Melansir EWALIA arbutin ini adalah zat herbal yang tidak semua tanaman obat memilikinya. Memiliki kemampuan meredakan inflamasi, jika telah masuk ke dalam tubuh arbutin bisa bertahan lama di dalam saluran kemih. Itu yang membuat damiana yang mengandung arbutin ini bermanfaat mengobati infeksi saluran kemih, demikian melansir EWALIA, karena bakteri bakteri penyebabnya seperti Staphylococci, Klepsuella, Citrobacter dan Pseudomonas bisa dilawan oleh arbutin itu. 

Namun di lain fihak melansir healthline, meski orang bisa saja merasa lebih baik setelah menggunakan daun damiana, penggunaan itu tidak didukung oleh penelitian. 

Healthline juga mengklaim perawatan terbaik mengobati infeksi saluran kemih adalah melalui dokter.

Dosis, cara penggunaan dan efek samping damiana

2-4 gram daun kering damiana disiram dengan secangkir air mendidih.

Diminum tiga kali setiap hari.

Dosis tinggi mengakibatkan cleansing effect yang bisa membuat Anda kehilangan energi, denyut jantung cepat, insomnia, infeksi saluran kemih dan kerusakan pada saluran pernafasan.

Belum ada studi yang spesifik tentang dosis tepat, yang ada cuma sumber yang mengatakan, mengkonsumsi 200 gram ekstraknya bisa membuat kejang.

Tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, serta penderita hipoglikemia atau gula darah rendah.

Anak anak juga tidak boleh.

Demikian 7 manfaat damiana, tanaman legal dengan efek mirip ganja untuk kesehatan ini, harap maklum tulisan ini dikutip dari berbagai sumber dengan tujuan hanya sekedar berbagi informasi

Terimakasih, semoga bermanfaat dan salam sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel