7 Manfaat Tanaman Burdock Untuk Kesehatan

Orang Yunani kuno telah lama menggunakan tanaman asli benua Eropa ini. Mereka memanfaatkannya untuk mengobati bermacam macam penyakit. Kekuatan daunnya sebagai bakterisida terutama sangat manjur untuk mengobati kulit. Konon penyakit kulit yang diderita Raja Henry III bahkan baru bisa disembuhkan setelah menggunakan daun burdock ini.

Untuk masalah kulit seperti campak para tabib tradisional Cina juga menggunakan ramuan dari arctium lappa, nama latin tanaman ini, selain untuk gangguan kesehatan lain seperti pilek, sakit tenggorokan. Orang Cina juga mengenal tanaman ini sebagai afrodisiak.

Selain merupakan sumber yang kaya mineral tumbuhan yang punya nama lain thorny burr ini juga memiliki protein, serat , karbohidrat, kaya vitamin A, vitamin B1, riboflavin atau vitamin B2 serta niasan atau vitamin B3. Selain ampuh mengobati kulit cakupan penggunaannya sebagai tanaman obat sangat luas. Setiap bagian dari tanaman yang bisa mencapai tinggi dua meter ini bisa digunakan sebagai obat. Burdock juga bisa mengobati gangguan hati serta mengatasi batu empedu. Bisa menjernihkan darah, mengobati asam urat dan berkat sifat antiinflamasinya burdock juga ampuh meredakan rematik.

Baiklah kita simak lebih jauh tentang manfaat burdock ini.

Beberapa Manfaat Tanaman Burdock Untuk Kesehatan

tanaman-burdock

1. Mengeluarkan racun dari dalam darah

Bisa bertindak sebagai detoksifikasi darah, ini adalah khasiat yang penggunaannya telah dilakukan secara tradisional semenjak zaman dahulu.

Mengkonsumsi teh burdock selain sebagai detoksifikasi dan meningkatkan sirkulasi darah juga akan meningkatkan penampilan kulit.

2. Mengatasi masalah kulit

Berkat kemampuannya yang dapat meningkatkan sirkulasi darah akar burdock juga memberi manfaat penting untuk mengobati jerawat.

Psoriasis juga bisa disembuhkan. 

Satu lagi penyakit kulit lain yang bisa diatasi dengan burdock adalah eksim.

Untuk luka di kulit seperti luka bakar sifat anti-inflamasi dan antibakteri akar burdock akan berkhasiat mempercepat pemulihan luka.

3. Menjaga kesehatan gigi

Beberapa kandungan burdock yang berperan penting untuk menjaga kesehatan gigi Anda adalah fosfor, kalsium dan vitamin D. 

Fosfor akan meningkatkan pertumbuhan gigi. Kepadatan tulang rahang juga akan terpelihara berkat peran fosfor ini, dengan dukungan mineral kalsium. 

Masih tersedia pula vitamin D yang  membantu menjaga kepadatan tulang rahang dan email gigi.

Vitamin D ini akan membuat gigi tetap kokoh di tempatnya. Vitamin D juga akan membantu menyembuhkan masalah peradangan dan kerusakan gigi.

4. Menghilangkan kelebihan cairan dalam tubuh

Burdock adalah tumbuhan yang bersifat diuretik yang berkhasiat mengurangi kelebihan cairan. 

Satu manfaat lain dari efek diuretiknya itu adalah juga berkurangnya selulit jika Anda mengkonsumsinya diiringi dengan olahraga rutin.

5. Mengobati diabetes

Serat pada burdock namanya inulin. Serat ini bisa membantu mengontrol kadar glukosa dan insulin. 

Manfaatnya besar untuk mencegah diabetes dan mencegah masalah lain pada sistem kardiovaskular.

6. Meningkatkan fungsi usus

Burdock mampu mencegah sembelit dan perut kembung. Kandungannya yang tinggi serat akan merangsang peningkatan fungsi usus sehingga masalah sembelit dan perut kembung bisa dihindari. 

Burdock juga bisa mencegah terjadinya bisul dalam perut.

7. Mencegah kram

Kram pada kaki biasanya disebabkan oleh kekurangan magnesium.

Magnesium berguna untuk meningkatkan kemampuan tubuh menyerap kalsium. Jumlah kalsium yang cukup akan  mempercepat penyembuhan berbagai masalah yang terjadi pada tulang dan otot.

Termasuk mengatasi kram.

Cara mengkonsumsi, efek samping dan kontraindikasi

Burdock adalah salah satu tanaman dengan banyak manfaat namun tentu saja setelah melalui cara penggunaan yang tepat.

Akar burdock yang bagus dikonsumsi adalah yang sudah berusia 10 minggu. Akar yang usianya sudah lewat satu tahun aromanya sudah berkurang lagipula sudah lebih keras karena serabutnya lebih banyak. 

Apalagi jika untuk dimasak, yang digunakan adalah akarnya yang masih lunak.

Untuk dikonsumsi, dibuat menjadi teh dan harus menggunakan herba keringnya, karena bahan yang masih segar cenderung menyebabkan berbagai reaksi alergi.

Cara membuat teh burdock, 1 sdt daun dan bunganya direbus dengan 1 lt air atau 2- 6 g akar kering dan kulit pohon direbus dengan 1 lt air. Waktu perebusan sekitar 30 menit diminum ketika masih hangat.

Orang yang alergi pada burdock bisa mengalami iritasi kulit dan mata hingga menderita kejang kejang bahkan sering disertai dengan susah bernafas.

Ketika sedang menderita diare, Anda tidak boleh mengkonsumsi tanaman ini. Burdock justru akan memperparah diare Anda karena efeknya yang melancarkan pergerakan makanan di dalam usus.

Hati hati jika mengunakannya sebagai diuretik untuk mengurangi cairan dalam tubuh. Berlebihan mengkonsumsi teh burdock bisa membuat dehidrasi.

Burdock juga dikontraindikasikan pada ibu hamil dan anak anak.

Demikian 7 manfaat tanaman burdock untuk kesehatan ini.

Terimakasih dan salam sehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel