8 Manfaat Akar Tanaman Marshmallow Untuk Kesehatan

Permen marshmallow adalah permen yang berbahan dasar tanaman ini. Menggunakan gel yang tersedia pada akarnya, gel itu kenyal dan lembut. Anak anak sangat menyukai permen yang mudah meleleh di mulut itu. Itu adalah permen marshmalow yang asli. 

Tapi kini permen itu sudah tidak lagi menggunakan gel dari tanaman marshmallow. Permen itu kini hanya terdiri dari gula dicampur gelatin yang berasal dari tulang rawan hewan.

Tanaman yang bernama ilmiah althaea officinalis ini sendiri sudah dikenal sejak zaman Mesir kuno. Melansir NCA, orang Mesir kuno adalah pengguna pertama tumbuhan ini. Makanan olahannya sungguh sangat dihargai dan hanya diperuntukkan bagi para dewa dan petinggi istana.

Pada 1800-an orang Perancis mulai membuat permen dari tanaman yang mereka sebut dengan nama guimauve officinale ini. Sangat laris. Lambat laun bahan baku mulai susah bahkan langka. Saat itulah pembuatan permen itu mulai dimodifikasi, gel dari akar tanamannya pun diganti dengan bahan lain.

Gel alami marshmallow itu dikenal sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit. Khasiatnya juga dapat meredakan gangguan tenggorokan, mengatasi mulut kering, efek pencaharnya bermanfaat mencegah sembelit dan masih banyak manfaat lain yang bisa kita peroleh dari tanaman ini, seperti berikut di bawah ini.

Manfaat Akar Tanaman Marshmallow Untuk Kesehatan

tanaman-marshmallow

1. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Sifat antibakteri dan antivirus akar marshmallow akan melawan mikroba patogen yang sering mengganggu sistem metabolisme tubuh.

Akar marshmallow juga bersifat diuretik yang bisa menyehatkan ginjal. Ginjal yang sehat akan mencegah kelebihan lemak, mengurangi kelebihan air dan garam serta berbagai racun berbahaya dari dalam tubuh.

Cukup dengan mengkonsumsi teh marshmallow satu atau dua gelas sehari maka tubuh Anda akan senantiasa terdetoksifikasi sehingga kekebalan tubuh bisa semakin meningkat.

2. Membantu menurunkan berat badan

Akar marshallow akan bertambah ukurannya ketika masuk ke dalam tubuh dan bercampur dengan cairan.

Tubuh Anda akan cepat merasa kenyang dan keinginan Anda untuk menyantap makanan lain pun akan berkurang.

3. Menguatkan rambut

Mengandung sejumlah protein dan berbagai mineral akar marshmallow akan membuat rambut Anda menjadi lebih lembab. Rambut lembab akan membuat rambut lebih terlindungi.

Rambut tidak mudah kusut.

Kulit kepala akan terhindar dari peradangan, jadinya rambut tidak mudah rontok. Juga penampillannya akan meningkat. Menjadi lebih bercahaya dan  berkilau.

Rendamlah akar tanaman ini selama satu malam. Gunakan air rendaman akar marshmallow itu sebagai pencuci rambut. Ramuan itu akan meningkatkan kesehatan rambut Anda secara keseluruhan.

Cara lain Anda bisa menambahkan serpihan akarnya ke dalam shampo yang biasa Anda pakai.

4. Mencegah gangguan pencernaan

Mampu meredakan peradangan pada usus besar akar marsmallow dengan lendir dan kandungan pektinnya ini bermanfaat mencegah tukak lambung serta gangguan lain seperti sembelit dan diare.

Melansir artikel Dr.Axe marshmallow juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan sakit maag.

Gel marshmallow bersama kandungan flavonoidnya akan menutupi lapisan lambung yang luka sehingga rasa sakit bisa diredakan. 

Gel itu akan tetap melapisi sistem pencernaan, menenangkan, tanpa menimbulkan efek samping.

5. Mencegah diabetes

Akar marshmallow bisa mengontrol pelepasan glukosa dan insulin. Itu akan mencegah lonjakan gula darah, membuat aman  bagi mereka yang rentan diserang diabetes.

6. Meredakan gangguan pernafasan

Marsmallow adalah obat tradisional yang dikenal paling ampuh meredakan ganguan pernafasan.

Akar marshmallow berkhasiat menenangkan saluran pernafasan, membersihkan lendir dan dahak.

Minum teh panas akar marsmallow bisa meredakan batuk.

Teh tersebut juga bisa meredakan infeksi penyebab bronkhitis dan infeksi sinus. 

Anda juga bisa merendam akar kering marshmallow dengan air dingin, biarkan selama 5- 10 dan pakailah sebagai obat kumur untuk meredakan radang tenggorokan.

7. Meredakan peradangan pada kulit

Akar marshmallow telah berabad abad dikenal sebagai obat eksim untuk kulit. Bisa mengobati psoriasis, menghilangkan jerawat dan memulihkan kerutan tanda tanda penuaan.

Buatlah pasta dari akar marsmallow kering dicampur air hangat. Oleskan pada area kulit yang meradang. Reaksinya sangat cepat meredakan rasa sakit dan nyeri.

Pasta itu juga ampuh menghilangkan noda kulit bekas iritasi termasuk juga dapat mengatasi kerusakan kulit akibat radiasi sinar matahari.

8. Mengatasi mulut kering

Kadar air liur rendah bisa membuat mulut kering. Dalam dunia medis ini disebut penyakit xerostomia. 

Penyakit ini bisa menimbulkan kerentanan gigi berlubang dan infeksi. Kesehatan gusi pun bisa terganggu.

Ramuan yang terbuat dari akar marsmallow kering adalah obat herbal yang baik untuk mengobati xerostomia. Direndam dulu secukupnya dengan air panas kemudian airnya diminum dua sampai tiga gelas sehari.

Cara mengolah akar dan efek samping marshmallow

Menuangkan air mendidih ke dalam gelas yang sudah diisi akar kering tanaman. Tutup dan biarkan 5 sampai 10 menit. Saring dan minum. Bisa diberi pemanis. 

Bagus jika ditambahkan dengan madu, yang memilik efek antimikroba dan anti-inflamasi itu.

Bubuk marshmallow juga bisa diminum dengan cara mencampurkannya ke dalam jus.

Dengan cara penggunaan yang benar akar marshmallow tidak akan menyebabkan efek samping. 

Jikapun ada tapi jarang. 

Itu biasanya pada orang yang alergi. 

Ujilah dahulu dengan cara mengoleskan akarnya ke sudut siku Anda. Tunggu reaksinya dalam 24 jam. Jika reaksi negatif tidak ada berarti Anda aman. 

Namun sebaik baik mengobati penyakit dengan obat herbal mintalah saran dokter sebelum menggunakannya.

Demikian 8 manfaat akar tanaman marshmallow untuk kesehatan ini, semoga bermanfaat.

Salam sehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel