Manfaat Ginkgo Biloba, Tanaman Yang Tetap Hidup Walau Dihantam Bom Atom

Tumbuhan ini asli Cina. Namun tingkat penyebarannya sangat luas. Tanaman ini bisa ditemukan di hampir seluruh dunia. Di Jepang ginkgo biloba adalah simbol perdamaian dan umur panjang. Itu ada hubungannya dengan sebuah perang besar. Yaitu Perang Dunia II.

Menjelang akhir perang, Sekutu menjatuhkan bom atom di dua kota di Jepang dan kota Horoshima adalah salah satu. Itu adalah bom yang sangat mematikan. Puluhan bahkan ratusan ribu warga sipil dan tentara tewas. 

Sebulan kemudian tanaman dan pepohonan diperiksa. Ada enam pohon ginkgo biloba masih tetap hidup.  Dan masih hidup sampai sekarang. Itu sebabnya di Jepang, tanaman ginkgo biloba yang sanggup bertahan dari ledakan bom atom ini dianggap sebagai simbol perdamaian dan umur panjang.

Secara keseluruhan tumbuhan ini ampuh melawan efek radikal bebas yang merusak DNA. Itu yang membuat tumbuhan ini berkhasiat tinggi menunda penuaan.

Dua nutrisi paling penting yang terdapat dalam tumbuhan ini adalah terpenoid dan bioflavonoid. Terpenoid bisa membantu melebarkan pembuluh darah serta meningkatkan sirkulasi darah dan bioflavonoid adalah antioksidan  yang sangat kuat. 

Bagian tanaman paling penting adalah daunnya. Melalui berbagai pengolahan daun ginkgo biloba juga bermanfaat meningkatkan memori otak, meningkatkan libido dan mengatasi disfungsi ereksi, membantu menyehatkan mata, menurunkan stres  dan meredakan rasa nyeri. 

Di bawah ini adalah uraian lebih jauh tentang berbagai manfaat ginkgo biloba ini.

Beberapa Manfaat Ginkgo Biloba Untuk Kesehatan

ginkgo-biloba

1. Mencegah stres

Anti-inflamasi ginkgo biloba bisa meningkatkan kemampuan tubuh mencegah peningkatan hormon penyebab stres.

Mengkonsumsi suplemen ginkgo biloba  30-60 menit sebelum tidur sangat berhasil mengurangi stres sekaligus meningkatkan relaksasi.

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Ginkgo biloba bisa bertindak sebagai vasolidator.

Vasolidator adalah golongan obat yang bisa melebarkan pembuluh darah.

3. Meningkatkan kesehatan mata

Tumbuhan ini memiliki antioksidan. Perlindungan yang bisa diberikan oleh tumbuhan ini adalah kemampuannya mencegah kerusakan akibat radikal bebas, termasuk mencegah kerusakan sel sel pada retina dan mencegah degenerasi makula.

4. Pereda rasa sakit

Ekstrak tanamannya yang mampu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh penjuru tubuh sangat berguna untuk mrnghilangkan banyak rasa sakit. 

Dalam hal ini khasiat ginkgo biloba sangat berhasil terutama meredakan nyeri pada lengan dan kaki.

5. Mengobati kepala pusing

Masih terkait manfaat tanaman ini yang efektif meningkatkan sirkulasi, labirin yang mengalami peradangan juga bisa diredakan oleh tanaman ini. 

Labirin itu berada pada telinga bagian dalam. Jika bagian ini mengalami peradangan maka keseimbangan tubuh akan terganggu. Itu bisa membuat pusing.

6. Meningkatkan daya penglihatan

Sirkulasi darah yang optimal tadi juga akan memberi efek positif untuk mencegah kerusakan yang bisa terjadi pada bagian tertentu  di mata seperti retina, kornea dan makula.

7  Meningkatkan pertumbuhan rambut

Kemampuannya yang bisa meningkatkan peredaran darah pada kulit kepala bisa meningkatkan pertumbuhan rambut.

8. Meningkatkan memory

Mengutip MountSinai tumbuhan ginkgo biloba bisa memberi bantuan berupa peningkatan memory dan pemikiran pada pengidap Alzheimer

9. Menyehatkan kulit

Tumbuhan yang memiliki anti-inflamasi kuat ini juga bermanfaat meningkatkan metabolisme sel kulit.

Ginkgo biloba bisa membantu mengobati berbagai gangguan kulit seperti jerawat dan eksim. 

Cara mengkonsumsi dan efek samping ginkgo biloba

Ginkgo biloba biasanya dikonsumsi dalam bentuk kapsul dan tablet, ada juga dalam bentuk larutan, ketiganya dibuat dengan resep dokter. Bisa diminum sebelum atau sesudah makan

Efeknya baru terasa setelah enam minggu, demikian melansir healthline.

Bisa juga dengan membuat sendiri teh ginkgo biloba. Yang digunakan adalah daun keringnya namun sayangnya para ahli medis tidak menyarankan cara penggunaan ini.

Bisa disebut sebagai herbal paling aman mengkonsumsi ginkgo biloba jarang ada efek sampingnya.

Bukan berarti tidak ada.

Antara lain bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti mual dan tukak lambung.

Ginkgo biloba juga bisa mengakibatkan sakit kepala.

Namun efek samping itu bisa terjadi hanya dan jika dosis penggunaannya berlebihan. Ginkgo biloba juga bisa membuat penurunan tekanan darah dan memperparah penyakit ginjal.

Ibu hamil dan menyusui, juga anak anak harus mengikuti arahan dokter sebelum mengkonsumsi ginkgo biloba ini. 

Demikian tentang manfaat ginkgo biloba, tanaman yang tetap hidup walau dihantam bom atom ini.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel