4 Manfaat Biji Aprikot Untuk Kesehatan, Perhatikan Efek Sampingnya

Sedikit membuat penasaran, ditilik dari nama latinnya  tanaman  aprikot ini (Prunus armeniaca) seolah berasal dari Armenia. Padahal penelitian yang lebih terpercaya menyebut tumbuhan  ini berasal dari Cina dan Asia Tengah. Hal lain yang juga menimbulkan penasaran adalah ternyata penghasil aprikot terbanyak di dunia justru negara lain, yaitu Turki yang terletak di kawasan Eurasia.

Terlepas dari itu semua, buah aprikot yang memiliki rasa agak asam ini adalah buah penuh nutrisi. Kaya vitamin dan mineral. Kandungan antioksidannya diketahui memiliki khasiat yang bisa mengobati berbagai macam gangguan kesehatan. Antioksidan pada biji buahnya juga memiliki khasiat obat. 

Bahkan biji aprikot juga diketahui mengandung antioksidan yang kuat. Memiliki senyawa amygalin yang disebut dengan nama kimia vitamin B17 dalam kadar tinggi, vitamin ini disebut bisa menghancurkan sel kanker. Biji aprikot juga antiparasit, antara lain khasiatnya bisa membasmi parasit usus. Biji aprikot bisa meningkatkan kesehatan mata serta bagus untuk kulit. Selanjutnya di bawah ini adalah ulasan lebih jauh tentang manfaat biji aprikot tersebut.

Beberapa Manfaat Biji Aprikot Untuk Kesehatan

biji-aprikot

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Amygdalin adalah zat yang terdapat dalam beberapa jenis tumbuhan kacang-kacangan dan biji-bijian. Biji aprikot juga memilikinya. Melansir MedicalNewsToday yang mengambil sumber dari ResearchGate amygdalin dapat meningkatkan kekebalan, namun klaim ini kurang didukung oleh bukti dari hasil penelitian.

2. Menurunkan tekanan darah

Mengatasi tekanan darah tinggi tidak bisa ditangani dengan setengah hati. Dokter bisa saja memberi Anda resep namun bukan berarti persoalan Anda sudah selesai. Anda belum aman jika Anda tidak memperbaiki pola hidup.

Pola hidup sehat bisa mengontrol tekanan darah. 

Dan pola hidup sehat itu akan mengurangi keharusan Anda  pergi ke dokter untuk menurunkan tekanan darah. Disiplin olahraga sangat efektif mengurangi tekanan darah. 

Apalagi jika diiringi dengan asupan makanan yang memenuhi beberapa kriteria. 

Rutin mengkonsumsi biji aprikot bisa menjadi salah satu pilihan.

Biji aprikot mengandung tiamin. Tiamin yang disebut juga vitamin B1 itu dapat membantu menurunkan tekanan darah. 

Selain mengandung tiamin di dalam biji aprikot juga tersedia di Omega 3.

Omega 3 yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh ini adalah bahan alami yang punya peran penting untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Dan menurunkan detak jantung.

3. Meningkatkan kesehatan mata

Tubuh yang kekurangan mineral seng adalah tubuh yang memiliki penglihatan buruk. Mata itu rentan mengidap katarak. Makula juga lebih mudah rusak, apalagi bagi orang yang berusia lanjut.

Mengkonsumsi biji aprikot yang tinggi kadar mineral seng ini bisa menunda kerusakan makula. 

Seng juga akan membantu melindungi mata Anda dari rabun senja.

4. Meredakan peradangan

Inti biji (kernel) aprikot adalah makanan suplemen  yang menunjukkan sifat antioksidan, antiinflamasi, demikian melansir Research in Pharmaceutical Sciences.

Serat yang tersedia dalam biji aprikot bisa membantu meningkatkan proses pembuangan asam dan racun lain dari dalam tubuh. Proses pembuangan itu sangat membantu untuk mencegah peradangan.

Selain itu biji aprikot ini juga disebut bisa meredakan nyeri sendi.

Efek samping biji aprikot

Biji aprikot mengandung berbagai nutrisi yang terdiri dari berbagai vitamin dan mineral. 

Namun banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa penggunaan yang berlebihan sangat berbahaya. Melansir European Food Safety Authority mengkonsumsi tidak-sampai-setengah-butir saja biji aprikot sudah melewati dosis aman. 

Itu berkaitan dengan senyawa amygdalin pada biji aprikot. Senyawa ini bisa berubah menjadi sianida setelah dimakan, demikian European Food Safety Aurhority menjelaskan lebih jauh.

Selanjutnya PharmEasy juga menyebut mengkonsumsi biji aprikot  mentah bisa membuat keracunan sianida. Yang akan mengakibatkan mual, sakit kepala, demam serta beberapa efek samping lain hingga pada kasus yang parah bisa berakibat fatal.

Mengkonsumsi banyak sianida bahkan bisa kehilangan nyawa, demikian mengutip WebMD.

Apakah Anda akan menggunakan biji aprikot ?

Biji aprikot adalah bahan alami yang memiliki banyak manfaat.

Namun dapat juga menimbulkan masalah akibat efek kandungan amygdalin itu.

Jadi Anda perlu lebih bijaksana.

Dan sebagai tambahan untuk pertimbangan Anda, Institut Kanker AS (National Institutes of Health) tidak mengakui amygdalin itu sebagai bahan pengobatan kanker yang efektif.

Demikian 4 manfaat biji aprikot untuk kesehatan, perhatikan efek sampingnya ini.

Terimakasih dan salam sehat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel