6 Manfaat Buah Miracle Fruit Untuk Kesehatan

Buah miracle fruit berasal dari pohon tanaman semak asal Afrika yang bernama latin Synsepalum dulcificum. Pertumbuhannya lambat dan tinggi pohonnya rata rata 1 meter. Ketika berusia 3 sampai 4 tahun mulai berproduksi dan menghasilkan buah seukuran buah anggur, mirip melinjo, berkulit tipis. Daging buahnya tipis. Tapi itu adalah daging buah yang memiliki keistimewaan. 

Keistimewaan itu berhubungan dengan salah satu kandungannya yang disebut miraculin. Itu adalah molekul glikoprotein aktif yang memiliki kelebihan. Yaitu bisa mengubah rasa. Setelah Anda makan satu buahnya, miraculin ini akan bereaksi menghambat kemampuan Anda merasakan keasaman dan kepahitan. Begitu miraculin ini bersentuhan dengan indera perasa Anda di langit langit mulut, makanan lain selanjutnya yang Anda kunyah akan terasa manis. Meski rasa asli makanan itu adalah asam atau pahit.

Anda bisa coba mencicipi lemon, belimbing wuluh, asam jawa atau buah ceremai. Semua akan terasa manis. Selama satu jam Anda bisa  apa saja, rasanya akan manis. Padahal buah miracle fruit itu sendiri tidak memiliki kadar gula yang tinggi. Rasanya pun cuma agak manis saja.

Meski bukan sumber nutrisi yang bagus miracle fruit mengandung berbagai vitamin. Antara lain vitamin A, vitamin E, vitamin K dan vitamin C. Untuk kesehatan manfaat yang bisa diharapkan dari tanaman ini adalah kemampuannya yang mampu mengontrol gejala diabetes, menjaga berat badan, meningkatkan kesehatan penglihatan dan beberapa manfaat lainnya, yang di bawah ini akan diulas, seperti berikut di bawah ini.

Beberapa Manfaat Miracle Fruit Untuk Kesehatan

buah-miracle-fruit

1. Membantu menurunkan berat badan

Makan miracle fruit tidak akan mempengaruhi kadar kalori dalam tubuh. Kandungan kalorinya sangat rendah dibanding buah buah lain yang biasa Anda beli. Hanya 0,5 kalori per buah, sudah begitu makanan ini juga tidak mengandung lemak dan rendah gula.

2. Mengontrol diabetes

Meski bercampur sedikit pahit miracle fruit rasanya manis. Tapi itu adalah rasa manis yang aman dan bisa dianggap sebagai salah satu makanan yang paling cocok untuk pengidap diabetes. 

Miracle fruit tidak akan merangsang gula darah, berbagai bahan aktifnya juga diketahui dapat menurunkan sensitivitas insulin.

3. Meningkatkan kesehatan mata

Mengandung vitamin A yang sangat berguna untuk peningkatan kesehatan mata miracle fruit bisa membuat mata Anda lebih aman dari kemungkinan degenerasi makula. Katarak yang berhubungan dengan usia tua  juga bisa dicegah.

Melansir halodoc mengkonsumsi tanaman miracle fruit paling tidak dua kali seminggu bermanfaat mencegah degenerasi makula dan pembentukan katarak.

4. Membantu meningkatkan kesehatan mulut

Buah ini mampu menghambat mikroba penyebab infeksi di mulut serta meningkatkan bakteri probiotik.

5. Meredakan gejala kemoterapi

Kemoterapi adalah perawatan yang bertujuan untuk membunuh sel kanker. Namun efeknya bisa merusak sel sel lidah pengecap rasa sehingga tidak ada makanan yang enak bagi pasien pasca kemoterapi.

Yang ada hanya rasa logam di mulut.

Selain membuat tidak nyaman rasa logam itu rentan mengakibatkan kesehatan menurun.

Karena nafsu makan Anda telah berkurang bahkan hilang.

Tubuh akan kekurangan asupan nutrisi.

Agar tidak berlarut panjang Anda bisa mengurangi efek samping tersebut dengan mengkonsumsi buah yang bisa mengubah rasa ini.

6. Merangsang nafsu makan anak

Setiap orang dapat mengalami nafsu makan yang pasang surut. Tidak hanya orang dewasa, anak anak bahkan sering mengalaminya.

Bisa saja seorang anak akan melahap  makanan hasil makanan Anda di meja makan dalam waktu singkat, namun suatu waktu Anda mungkin akan gelisah karena nafsu makannya sangat berkurang. Anda coba membuat menu baru reaksi anak juga dingin.

Masyarakat kita biasa menggunakan bahan makanan rasa asam ke dalam masakan, tomat hijau, jeruk nipis, asam jawa, belimbing wuluh, cuka adalah beberapa di antaranya. Bisa saja rasa asam itu tidak disukai anak sehingga nafsu makannya berkurang.

Menggunakan miracle fruit yang bisa mengubah rasa ini adalah salah satu cara Anda untuk meningkatkan nafsu makannya.

Efek samping buah miracle fruit

Umumnya buah adalah makanan alami sumber nutrisi. Tetapi buah jenis apapun itu jika dikonsumsi berlebihan pasti akan menyebabkan masalah. 

Miracle fruit juga begitu.

Berlebihan makan buah ini bisa mengakibatkan sariawan. Juga dapat mengiritasi lambung. Efek samping lain akibat mengkonsumsinya terlalu banyak adalah kemungkinan mengalami wasir.

Sebagai tambahan, Anda perlu ekstra hati hati menggunakan buah ini. Lidah Anda tidak akan mendapat masalah setelah menghabiskan sejumlah makanan asam. Semuanya toh terasa enak dan manis. 

Yang akan mendapat masalah adalah bagian lain di tubuh Anda. Rasa boleh manis tetapi makanan asam adalah asam dan enamel gigi Anda bisa rusak karenanya.

Dan jika Anda terus menerus mengkonsumsi makanan  asam, lambat laun yang terjadi adalah pengeroposan tulang.

Demikian 6 manfaat buah miracle fruit untuk kesehatan ini.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel