Simak 6 Manfaat Milk Thistle Untuk Kesehatan

Milk thistle, jika Anda merobek daunnya atau mematahkan cabang pohonnya, akan keluar cairan seperti getah berwarna putih susu, mungkin itulah alasannya sehingga tanaman ini disebut milk thistle. Tinggi pohonnya sekitar tiga meter, daunnya berduri, ada urat putih mengkilap pada bagian atasnya dan bunganya berduri runcing berwarna ungu. Berasal dari family Asteraceae, tumbuhan asli Eropa dan Asia ini memiliki khasiat yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan.

Khasiatnya sebagai obat sudah dimanfaatkan manusia semenjak 2.000 tahun lalu, dimulai oleh orang Romawi pada abad ke-1. Mereka menggunakannya untuk peningkatan kesehatan hati. 

Selain mengobati hati tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengobati tubuh yang kelebihan zat besi, memulihkan tubuh yang  bengkak akibat kelebihan cairan, mengobati dan mencegah kerusakan pada kulit, mengatasi sembelit dan masih terdapat beberapa khasiat lain, yang selengkapnya akan diuraikan berikut di bawah ini.

Beberapa Manfaat Milk Thistle Untuk Kesehatan

milk-thistle

1. Meningkatkan kesehatan hati

Milk thistle adalah tanaman yang paling banyak dikaitkan dengan manfaatnya yang ampuh mengobati penyakit hati.

Terutama berkat efeknya yang mampu meregenerasi sel sel hati. Sel sel baru tersebut akan berkembang biak lebih cepat. Mereka selanjutnya akan menggantikan sel sel hati yang rusak dan memulihkan jaringan hati.

Tanaman yang dikenal dengan nama ilmiah Sylibum marianum ini memiliki bahan aktif silymarin dan silybin yang bisa mengobati kerusakan hati, yang terjadi karena berbagai sebab. Karena kebanyakan mengkonsumsi alkohol umpamanya. Atau akibat efek samping penggunaan obat obatan medis. 

Juga karena jamur beracun, yaitu Amanita phalloides dan Amanita virosa. Keduanya ini adalah jamur yang bisa mengakibatkan kematian setelah sebelumnya mereka membuat kerusakan parah pada hati.

Faktor lingkungan juga bisa membuat organ hati rusak. Orang yang menghabiskan sebagian besar masa hidupnya pada lingkungan yang berkutat dengan logam berat bisa terpapar racun  dan menderita gangguan hati. 

Milk thistle bisa digunakan untuk semua jenis kerusakan hati yang terjadi karena berbagai sebab dan khasiatnya melalui pengobatan tradisional dipercaya ampuh, meski penelitian ilmiah yang mendukung keampuhan itu masih sedikit, yang salah satu di antaranya melansir MedicalNewsToday ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa milk thistle bisa memperbaiki kerusakan hati pada tikus dan para peneliti setuju manfaat itu juga berlaku pada manusia.

2. Meningkatkan kesehatan otak

Komponennya mampu melawan radikal bebas. Salah satu dampak positifnya adalah penuaan otak bisa dicegah.

Melansir healthline efek anti-inflamasi dan antioksidan tanaman ini bisa membantu mencegah penurunan fungsi otak yang biasa terjadi berkaitan dengan bertambahnya usia.

3. Mengatasi kelebihan zat besi

Anemia terjadi karena kekurangan zat besi dan Anda yang mengalami anemia perlu lebih banyak asupan zat besi. Namun harus dalam jumlah yang terkontrol. 

Karena kelebihan zat besi bisa menimbulkan masalah baru. Anda akan sering merasa mual, sakit perut kemudian diare karena jantung telah keracunan.

Detaknya pun jadi tidak beraturan.

Jika Anda mengalami kelebihan zat besi, mengkonsumsi milk thistle adalah salah satu cara mengatasinya. 

Agar masalah lain yang lebih serius tidak terjadi.

4. Meningkatkan kesehatan kulit

Tanaman yang juga punya nama cirsium vulgare ini adalah bahan alami yang selain bisa membersihkan tubuh dari dalam juga memiliki efek mengatur jumlah hormon.

Pada kulit antioksidannya bisa memperlambat timbulnya kerutan. 

Jadinya penuaan bisa tertunda karena tampilan kulit telah  lebih bersih dan halus.

Kandungan silymarin pada milk thistle juga diketahui dapat mengurangi dampak radiasi pengobatan kanker yang dapat membuat kerusakan kulit.

5. Mengurangi tubuh bengkak

Memiliki sifat diuretik milk thistle bisa membantu meningkatkan kerja ginjal. 

Kerja ginjal yang optimal akan membantu pengurangan cairan berlebih dari dalam tubuh. 

Penampilan tubuh kurang sedap dipandang akibat menyimpan kelebihan cairan itu bisa dihindari berkat milk thistle ini.

6. Mencegah kanker

Milk thistle disebut tidak membunuh sel kanker.

Tetapi mampu menjaga lapisan luar sel sehat, melindunginya sehingga bisa terhindar dari kerusakan dan mutasi karena radikal bebas.

Ekstrak biji milk thistle yang bernama sillymarin itu adalah pelindung kanker yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pada sel prostat, kulit, payudara dan serviks, demikian dikutip dari Dr. Axe.

Cara menggunakan milk thistle dan efek samping

Di Eropa daunnya yang segar dimakan mentah sebagai salad. Bijinya dipanggang dan dikonsumsi seperti Anda minum kopi. Biji yang bisa dibeli di pasar online itu juga bisa Anda haluskan bersama daunnya untuk bahan membuat teh.

Milk thistle adalah tanaman yang lebih dari sekedar cantik dipandang. Manfaatnya banyak dan cenderung aman.

Melansir WebMD milk thistle hanya memiliki sedikit efek samping meskipun Anda telah tahunan menggunakannya.

Namun tentu saja harus dengan dosis aman, tidak melebihi 1500mg per hari pada orang dewasa. Dikonsumsi setengah jam sebelum makan saat perut masih kosong.

Bahwa milk thistle adalah tanaman obat yang ampuh, itu telah diakui. Tapi perlu juga untuk mengakui tanaman obat apapun itu jika dikonsumsi berlebihan bisa membuat kerugian.

Kebanyakan minum ramuan milk thistle bisa membuat saluran pencernaan mengalami luka bakar. Orangnya bisa mengalami muntah, mual. Juga diare. Itu semua terjadi karena daunnya tinggi kandungan nitrat yang bisa membuat tubuh keracunan.

Terlalu banyak menggunakan bijinya juga akan meningkatkan tekanan darah.

Demikian tentang simak 6 manfaat milk thistle untuk kesehatan ini, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel