Tentang 6 Manfaat Hydrangea Untuk Kesehatan

Hydrangea(Hydrangea macrophylla) adalah genus tanaman yang berasal dari keluarga Hydrangeaceae yang memiliki lebih dari 70 species. Berasal dari Cina dan Jepang dengan penyebaran yang mencapai sebagian besar penjuru dunia, terutama di wilayah beriklim tropis dan subtropis. Di Indonesia hydrangea banyak tumbuh pada daerah pegunungan seperti di Bandung.Tumbuh dalam bentuk semak dengan ketinggian yang bisa mencapai 3 meter dengan warna cabang lebih coklat pada bagian yang lebih tua, serta lebih hijau pada cabang yang muda. 

Bunga hydrangea ini memiliki arti spritual yang melambangkan pengabdian, keberanian, martabat dan kemurniaan perasaan.Warna bunganya berbeda beda, tergantung pada pH tanah tempatnya tumbuh. Pada tanah pH asam bunganya berwarna biru, di tanah yang basa merah muda jadi Anda tidak perlu heran jika saat saat membeli tanaman hydrangea yang berwarna biru dan kemudian Anda tanam di taman ternyata bunganya merah muda. Warna merah muda itu pun mungkin bisa berubah lagi jika pH tanahnya tempat tumbuh berubah. Pokoknya warna bunga hydrangea bisa berubah, tergantung komposisi tanah tempatnya ditanam. 

Bentuk daunnya lonjong, tepinya bergerigi. Melalui pengolahan daun ini adalah obat alami yang baik untuk meredakan sakit punggung.  Tetapi bagian hydrangea yang paling banyak digunakan untuk kesehatan adalah akarnya dan di negeri Cina akar hydrangea ini telah lama populer, digunakan sebagai obat tradisional. Berbagai senyawa aktif yang terkandung dalam akar itu adalah alkaloid, saponin, quercetin dan kaempferol. Antara lain beberapa khasiatnya adalah sebagai diuretik dan pembersih darah. Juga dapat mengobati radang sendi dan asam urat. Dikutip dari berbagai sumber di bawah ini adalah ulasan tentang manfaat tanaman ini.

Beberapa Manfaat Hydrangea Untuk Kesehatan

hydrangea

1. Sebagai antioksidan

Mengandung beberapa antioksidan alami hydrangea bisa melindungi tubuh sehingga bisa terhindar dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas.

Selain melindungi tubuh hydrangea juga disebut dapat memulihkan kerusakan sel.

2. Meredakan sakit punggung

Sakit punggung dimaksud adalah sakit punggung yang terjadi karena ginjal yang bermasalah. Akar dan daun hydrangea sudah lama terkenal sebagai obat alami yang ampuh meredakan sakit punggung dengan efeknya sebagai diuretik yang bisa meningkatkan frekwensi buang air kecil. 

Hydrangea juga bisa menghilangkan batu ginjal serta mencegahnya terbentuk lagi.

3. Meredakan rasa sakit pada saluran kemih

Masih terkait dengan masalah ginjal, hydrangea dapat menghilangkan rasa sakit karena iritasi pada saluran kemih.

4. Menurunkan kadar glukosa darah

Daun hydrangea mengandung senyawa anti-diabetes, demikian menurut sebuah penelitian. 

Penelitian itu juga mengungkapkan kadar glukosa darah bisa turun setelah menggunakan hydrangea selama dua minggu.

5. Mengobati luka

Digunakan sebagai obat kompres hydrangea berkhadiat mengobati luka bakar.

6. Mengobati peradangan

Senyawa alkaloid yang terkandung dalam tanaman ini memiliki efek yang sama seperti obat antiinflamasi resep medis.

Akar hydrangea baik untuk meredakan peradangan dalam tubuh maupun peradangan eksternal.

Dari berbagai sumber diketahui hydrangea memiliki beberapa manfaat lain di antaranya :

Bisa mencegah pembesaran kelenjar prostat

Membantu mencegah infeksi parasit

Mencegah sistitis pada wanita.

Mencegah demam dan mengobati malaria

Efek samping hydrangea

Meski bisa dimakan rasa hydrangea tidak enak.

Selain itu hydrangea mengandung cyanogenic glycoside hudrangine. Kandungan itu yang membuat tanaman ini memiliki sifat beracun, yang bisa membuat masalah jika digunakan dengan cara yang tidak tepat. 

Dikonsumsi dalam jumlah berlebih bisa menjadi racun.

Mengakibatkan muntah dan sakit perut. Pada kejadian yang lebih parah dapat membuat kejang bahkan koma. 

Tidak menggunakannya dalam waktu lama adalah langkah paling bijaksana dan harap dimaklumi bahwa mengkonsumsinya lebih dari 2 atau 3 hari saja bahkan sudah termasuk lama, terutama bagi ibu menyusui dan wanita hamil.  

Menggunakannya harus dengan dosis yang tepat, tidak lebih dari 2 gram akar kering hydrangea dan itupun perlu saran ahli herbal terpercaya sebelum dikonsumsi.

Demikianlah tentang 5 manfaat hydrangea untuk kesehatan ini, yang dikutip dari berbagai sumber.

Penting untuk diketahui, melansir healthline tidak ada rekomendasi tentang dosis yang tepat untuk menggunakannya pada manusia karena penelitian tentang itu masih belum banyak.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel