7 Manfaat Daun Kirinyuh Untuk Kesehatan

Kirinyuh adalah gulma invasif yang penyebaran serta pertumbuhannya sangat cepat. Bijinya bisa menyebar oleh tiupan angin, jika sudah tumbuh dalam setiap hari saja tingginya bisa bertambah 3 cm. Tinggi maksimalnya cuma 2,5 di area terbuka. Tapi pada daerah teduh gulma ini akan merayapi tumbuhan lain, mampu merambatinya terus ke atas hingga mencapai 10 meter. 

Panjang daun bisa sampai 10 cm dengan lebar antara satu hingga lima sentimeter. daun itu berbulu dan jika Anda meremasnya akan tercium aroma menyengat. Meski baunya tidak menimbulkan rasa suka daun kirinyuh ini memiliki manfaat untuk kesehatan.

Nutrisinya antara lain karbohidrat, protein, lipid dan serat. Berbagai mineral di dalamnya adalah magnesium, zat besi, kalsium, ada juga berbagai senyawa penting seperti flavonoid, tanin, saponin serta lainnya, yang semuanya bisa memberi kesimpulan bahwa daun kirinyuh memang memiliki manfaat untuk kesehatan dan apa sajakah manfaatnya itu, mari kita simak ulasannya berikut ini.

Beberapa Manfaat Daun Kirinyuh Untuk Kesehatan

daun-kirinyuh

1. Mengobati luka

Melansir ScienceDirect kirinyuh adalah obat herbal untuk pengobatan luka.

Cukup dengan menempelkan lumatan daun kirinyuh pada kulit yang bermasalah itu, selain bisa menghentikan keluarnya darah, luka itu juga akan bebas mikroba.

Gunakan daunnya yang muda, haluskan kemudian tambahkan sedikit air lalu diperas baru tempelkan pada luka dan selanjutnya Anda perban.

Daun itu akan membuat cepat penyembuhan. 

Daun kirinyuh dengan efek pengobatannya akan bekerja menautkan jaringan kulit yang luka itu, serta menutupnya kembali sampai benar benar sembuh.

2. Meredakan rasa nyeri

Mengoleskan daunnya pada area tubuh yang terasa sakit daun kirinyuh yang memiliki sifat analgesik ini dapat membuat rasa nyeri menjadi berkurang.

Anda yang menderita nyeri punggung, cobalah meredakannya dengan kirinyuh, tumbuk atau haluskan daunnya, tempelkan pada bagian punggung yang sakit itu.

Atau dengan cara minum air daunnya yang telah dihaluskan. 

Setengah gelas Anda minum setiap pagi dan sore. 

Dalam seminggu sakit punggung akan lenyap.

3. Menyembuhkan kista

Mengobati kista menggunakan daun kirinyuh bahkan disebut sebagai upaya yang memberi hasil terbaik dibanding pengobatan tradisional lainnya yang menggunakan bahan herbal berbeda.

4. Menurunkan kolesterol

Mudah mengantuk, pegal dan kaku terasa di tengkuk bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang mengidap kolesterol tinggi. Apalagi jika Anda sering mengalami kesemutan serta kram, salah satu sisi tubuh seakan tidak berdaya maka makin kuat dugaan kadar kolesterol di tubuh Anda tinggi.

Cobalah atasi dengan daun kirinyuh ini.

Minum seduhan daun kirinyuh bisa menurunkan kadar kolesterol.

5. Meredakan batuk

Di beberapa negara rebusan daunnya lazim digunakan untuk meredakan batuk.

6. Mencegah kanker serviks

Kanker serviks adalah penyakit yang sulit dideteksi. Apa penyebabnya yang pasti juga belum diketahui. Seseorang yang mengidap penyakit ini baru bisa diketahui kala penyakit ini telah parah dan sudah mulai mengancam jiwa.

Hanya kaum wanita yang mengalami penyakit ini dan untuk mencegahnya Anda bisa meminum olahan daun kirinyuh yang memiliki efek sebagai antikanker ini.

7. Menurunkan kadar gula darah

Air rebusan daun kirinyuh adalah obat alami yang dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah. Anda bisa membuatnya dengan merebus 10 hingga 15 lembar daun kirinyuh menggunakan dua gelas air. Rebus hingga mendidih sampai air rebusan tinggal setengahnya.

Diminum dua kali sehari, pagi dan sore.

Demikian 7 manfaat daun kirinyuh untuk kesehatan ini, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel