7 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Paru-Paru

Kunyit adalah tanaman rempah yang telah turun temurun dimanfaatkan oleh orang India. Digunakan untuk sebagian besar jenis masakan. Para pedagang bangsa Arab dulu yang membuat tanaman ini menyebar, hingga rempah ini pun kemudian digunakan di hampir semua negara. Selain untuk masakan kunyit juga berguna untuk kesehatan tubuh.

Curcumin adalah kandungan utama kunyit. Bermanfaat sebagai sebagai zat penyembuh yang mampu menjaga setiap sel yang ada di dalam tubuh. Menjaganya sedemikian rupa sehingga tidak akan berubah menjadi sel kanker. Kunyit juga bisa menjaga tubuh agar terhindar dari kolesterol. Masih banyak manfaat lain dari kunyit untuk tubuh dan salah satu di antaranya adalah untuk kesehatan paru-paru.

Melansir Halodoc kunyit dengan kandungan curcuminnya itu adalah obat alami paru paru yang bisa membantu menjaga organ tersebut tetap sehat. Disebut juga menggunakan kunyit dengan dosis terukur bisa mencegah peradangan di saluran nafas.
Selanjutnya inilah uraian lebih jauh tentang manfaat kunyit untuk paru-paru yang dikutip dari berbagai sumber.

Beberapa Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Paru-paru

kunyit 

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Paru-paru adalah salah satu organ vital yang kondisinya perlu dijaga. Agar tugasnya dalam sistem pernafasan tidak terganggu.

Kekebalan tubuh yang buruk bisa memberi dampak negatif pada paru-paru. Organ itu akan mudah mengidap penyakit tertentu. Tuberkulosis, pneumonia, bronkhitis adalah beberapa contoh penyakit itu.

Kunyit yang memiliki sifat antioksidan dan antiseptik ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan.
Anti-inflamasinya dapat membantu mencegah peradangan di paru-paru.

2. Membantu meredakan asma

Asma adalah penyakit yang bisa diderita oleh orang dewasa maupun anak anak. Mereka yang mengidap  penyakit ini akan mengalami kesulitan bernafas. Adanya penumpukan  lendir dan dahak yang terperangkap di paru- paru afaah penyebabnya. 

Penumpukan itu membuat kelancaran aliran udara terganggu. Itu yang membuat pengidap asma menderita batuk terus menerus, nafas berbunyi dan dada terasa sesak.

 Meskipun tidak tergolong sebagai penyakit menular utama, jumlah kematian yang terjadi akibat asma tidak sedikit. Data World Health Organization menyebut total kematian akibat asma pada 2019 mencapai 455.000 orang.

Asma yang terjadi akibat peradangan ini bisa diredakan dengan kunyit. Sifat antiradangnya akan membantu membersihkan lendir dan dahak di paru paru.

 Itu akan membantu meredakan kesulitan bernafas.

 3. Meredakan emfisema

Emfisema adalah penyakit  yang merusak kantong udara di paru-paru. Penyakit ini terjadi secara perlahan dan kebiasaan merokok adalah penyebab utamanya. 

Orang yang selalu berada di lingkungan polusi udara yang buruk juga rentan mengidap emfisema ini. Nafas yang pendek dan berbunyi, batuk dan kelelahan adalah beberapa keluhan yang dialami, selain nafsu makan yang berkurang dan gangguan tidur.

Kunyit bisa membantu meredakan penyakit yang membuat hidung tersumbat dan sesak nafas ini. Senyawa istimewa yang ada di dalamnya yaitu kurkumin memiliki efek sebagai dekongestan yang mampu meredakan hidung tersumbat.

Jadi selain menggunakan obat dekongestan yang dijual bebas, rutin mengkonsumsi kunyit akan memberi bantuan penting.
Anda akan merasa hangat begitu mengkonsumsi teh kunyit dan hidung yang tersumbat akan terasa reda.

4. Mencegah pneumonia

Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang diakibatkan oleh mikroba. Salah satu bakteri penyebabnya Streptococcus peumoniae.

Kunyit yang memiliki sifat antiseptik dan antibakteri ini adalah salah satu obat alami yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu menghilangkan bakteri dari paru-paru Anda.

Agar Anda terhindar dari pneumonia.

5. Membantu menyembuhkan nyeri dada

Nyeri dada sangat menyesak, lebih-lebih saat Anda menarik nafas dalam.

Selain karena masalah otot nyeri dada juga bisa terjadi akibat masalah pada paru-paru. 

Radang pada selaput paru-paru(pleuritis) bisa menjadi penyebabnya dan mengkonsumsi kunyit yang antiradang ini bisa menjadi salah satu cara untuk meredakannya.

6. Mencegah cedera paru paru

Terjadi karena berbagai sebab, kondisi ini bisa mengganggu irama jantung akibat proses pemompaan darah yang tidak optimal.

Rempah asli India ini juga bermanfaat mengurangi kemungkinanan cedera paru-paru.

7. Mencegah dan membantu mengobati kanker paru-paru

Antioksidan kunyit bisa mencegah perubahan DNA.
Kandungan kurkuminnya akan merusak sel tumor sehingga pertumbuhannya menjadi tidak normal. Mutasi DNA, kondisi utama penyebab kanker pun bisa dicegah.

Efek samping kunyit

Tidak mengkonsumsinya dalam bentuk mentah.

Tidak juga ada efek samping yang membuat serius setelah mengkonsumsi kunyit dengan dosis aman, yaitu tidak lebih dari 8 gram.

Jika berlebihan dapat mengakibatkan mual, diare. Dosis terlalu tinggi bahkan dapat membuat perubahan pH tubuh, demikian menurut beberapa penelitian.

Kunyit bisa mengencerkan darah, jadi pengidap gangguan paru-paru yang sedang mengkonsumsi obat antikoagulan sebaiknya tidak menggunakan kunyit.

Perlu dipahami bahwa kunyit bukanlah pengganti obat. Peranannya hanya sebagai pelengkap untuk membantu mencegah dan meredakan penyakit tertentu.

Tapi itu bukan peranan yang sepele.

Karena walau bagaimana tumbuhan ini bisa membuat kehidupan Anda semakin baik.

Berkat manfaatnya yang membuat resiko Anda lebih kecil mengidap penyakit.

Demikian tentang 7 manfaat kunyit untuk kesehatan paru-paru ini, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel