7 Manfaat Tanaman Ketepeng Cina Untuk Kesehatan

Penampilan tumbuhan yang bernama latin Senna alata ini mirip dengan jenis jenis spesies yang masih berkerabat dengannya seperti Senna magnifolia atau Senna venusta. Kemiripan mereka semua adalah masing masing bunganya berwarna kuning.

Beberapa hal yang membuat ketepeng cina ini berbeda adalah bentuk bunganya yang mirip lilin. Polongnya jauh lebih besar, bersayap lurus. Ukuran dan bentuk daunnya juga berbeda. Di malam hari daun ketepeng cina menutup.

Tanaman asli Meksiko ini tumbuh liar pada hampir semua negara tropis. Di berbagai negara termasuk Indonesia ketepeng cina adalah obat tradisional yang memiliki banyak khasiat. Mengobati penyakit kulit adalah khasiatnya yang paling terkenal. Itu erat hubungannya dengan salah satu kandungan daunnya yaitu asam chrysophanic dan melansir National Library of Medicine asam chrysophanic ini adalah obat herbal untuk penyakit kulit.

Masih banyak manfaat lain dari tanaman ini. Melansir Hindawi ketepeng cina bisa digunakan untuk mengobati tifus, diabetes, malaria dan berbagai penyakit kulit, yang beberapa di antaranya akan diulas seperti berikut di bawah ini.

Beberapa Manfaat Ketepeng Cina Untuk Kesehatan

ketepeng-cina

1. Membantu mengurangi depresi

Ketepeng cina adalah tanaman herbal yang mampu merangsang hormon yang bisa merangsang rasa bahagia.

2. Mengobati penyakit kulit

Di mancanegara tanaman ini terkenal dengan nama ring worm bush. Itu berhubungan dengan efek air rebusannya yang ampuh mengobati kurap. 

Air rebusan itu memang memiliki sifat anti jamur dan anti mikroba yang efektif melawan jamur dermatofit penyebab kurap.

Kerusakan pada kulit, mulut atau  pada vagina yang disebabkan jamur candida albicans juga bisa diobati menggunakan daun yang berasal dari tanaman yang juga bernama ringworm bush ini.

Adanya perkembangbiakan amur lain yang bisa terjadi pada kulit bahkan kuku juga bisa dibasmi menggunakan air rebusan itu.

Selain mengobati penyakit kulit dari dalam, obat luar menggunakan ketepeng cina juga berkhasiat mengurangi masalah pada kulit berminyak berkat efeknya yang mampu menghilangkan kotoran  yang memyumbat pori kulit.

Untuk mengobati jerawat Anda bisa menghaluskan daunnya yang sudah dikeringkan kemudian dioleskan sebagai lulur wajah.

Jerawat akan lenyap dan kulit wajah pun menjadi halus.

3. Membantu menurunkan diabetes

Karbohidrat mutlak diperlukan oleh tubuh. Fungsinya terutama sebagai sumber energi. Karbohidrat juga akan membantu membuat tubuh bisa bekerja sebagaimana mestinya. 

Tetapi penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Agar kadar gula darahnya tidak meningkat.

Bagusnya ketepeng cina bisa menghambat pencernaan karbohidrat. 

Artinya tanaman ini bisa memperlambat lonjakan kadar gula darah.

Selain itu, kadar glikemiknya yang rendah sangat membantu mengurangi kadar trigliserida, yang juga bisa menjadi pemicu penyakit diabetes Anda.

Sekedar diketahui trigliserida adalah jenis lemak yang berasal dari makanan seperti daging, keju, susu dan mentega.

4. Menurunkan demam

Ekstrak airnya juga bisa menurunkan suhu tubuh yang tinggi. Bukan hanya bermanfaat mengobati demam biasa, tumbuhan ini juga bisa membantu meredakan demam karena malaria.

5. Membasmi cacing

Daun tumbuhan ini adalah obat alami yang telah lama digunakan untuk memberantas cacing parasit di dalam perut manusia. 

6. Meredakan peradangan

Daunnya bisa diolah untuk mengobati peradangan. 

Sifat anti inflamssinya yang kuat akan langsung terasa begitu Anda  menempelkan lumatan daunnya pada area tubuh yang sedang mengalami pembengkakan.

Satu jenis peradangan lain yang juga bisa diobati menggunakan daun tumbuhan ini adalah peradangan yang terjadi di dalam mulut yang biasa disebut sebagai sariawan dengan cara menggunakan  daunnya dalam bentuk teh.

7. Mengobati sembelit

Mengutip Wild turmeric ketepeng cina adalah bahan tradisional yang telah lama digunakan sebagai obat pencahar.

Minum rebusan daunnya bermanfaat mengatasi sembelit.

Efek samping ketepeng cina

Relatif tidak memiliki efek samping.

Namun wanita hamil tidak boleh mengkonsumsi tanaman ini.

Karena bisa mengakibatkan keguguran, demikian mengutip Wild turmeric.

Demikian 7 manfaat tanaman ketepeng cina untuk kesehatan ini, semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel