9 Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Kesehatan Dan Efek Sampingnya

Rasanya mirip bayam. Bukan cuma sekedar enak, dibanding umbinya daun ubi jalar jauh lebih bergizi. Daunnya yang muda umpamanya, memiliki kadar vitamin C lebih banyak. Untuk daun yang lebih tua, jumlah vitamin B2(riboflavin) di dalamnya juga jauh lebih tinggi. 

Daun ubi jalar juga memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan orang yang biasa mengkonsumsinya bisa terhindar dari peradangan di sekujur tubuh. Selain itu daun ubi jalar juga diketahui bisa membantu mengobati masalah tekanan darah, gangguan kesehatan pada mulut, dapat meredakan nyeri menstruasi, mencegah penuaan dini, mengontrol gula darah, meningkatkan kesehatan tulang dan mengobati masalah ringan seperti pilek dan flu.

Di bawah ini adalah ulasan tentang sebagian manfaat daun ubi jalar ini.

Beberapa Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Kesehatan

daun-ubi-jalar

1. Meningkatkan energi

Riboflavin atau vitamin B2 pada daun ubi jalar adalah nutrisi yang sangat berperan membuat tubuh mampu mengubah lemak, karbohidrat dan lemak menjadi sumber energi.

Mengkonsumsi daun ubi jalar berkhasiat menambah tenaga, mencegah orang mudah lemas karena kekuranan energi.

2. Membantu meningkatkan kepadatan tulang

Mengkonsumsi daun ubi jalar secara teratur bermanfaat menguatkan tulang. Itu ada hubungannya dengan kandungannya yang tinggi vitamin K.

Di dalam tubuh vitamin K ini akan membentuk osteokalsin yaitu sejenis protein yang harus tersedia karena sangat diperlukan untuk keberhasilan proses pengerasan dan kepadatan tulang. Kesimpulannya kerapuhan tulang tidak akan dialami oleh tubuh yang memiliki vitamin K yang cukup. 

Osteoporosis dan patah tulang bisa dihindari. 

Mengkonsumsi daun ubi jalar sangat membantu untuk mencegah mudah terkilir.

Orang yang sedang dalam penyembuhan patah tulang pun sangat baik mengkonsumsi daun ubi jalar.

3. Meningkatkan kesehatan otak

Daun ubi jalar memiliki sifat anti-inflamasi. Kandungan vitamin K-nya akan bekerja menjaga otak sehingga bisa terhindar dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Mencegah kebutaan

Bermanfaat membantu mencegah degenerasi makula hingga 25 % , begitu kata penelitian tentang peran daun ubi jalar ini untuk kesehatan mata.

Mengandung lutein dan zeaxanthin daun ubi jalar bisa membantu mencegah kerusakan otot lensa mata, salah satu penyebab katarak.

5. Membantu menyembuhkan luka

Makanan yang kaya vitamin K ini bisa membantu membuat luka lebih cepat sembuh berkaitan dengan efeknya yang bisa meningkatkan pembekuan darah. 

6. Mengobati chilblains

Chilblains biasa terjadi saat cuaca dingin. Akibat reaksi tubuh yang salah atau tidak normal pada cuaca dingin tersebut, pembuluh darah yang berada di bawah kulit pun meradang sehingga timbul bercak merah di kulit.

Rasa sakit dan gatal pada kulit akan timbul, terutama pada kaki dan tangan.

Daun ubi jalar yang memiliki efek anti-inflamasi yang kuat ini bisa digunakan untuk mengobati chilblains ini.

Rebus daun ubi jalar dan cuci kulit Anda yang menderita chilblains  dengan air rebusannya. Sisa air rebusan digunakan untuk merendam kaki selama sepuluh menit untuk kemudian dikeringkan dengan handuk.

Pengobatan ini akan menghilangkan peradangan yang terjadi pada lapisan dalam kulit, membuat kulit kembali normal, bercak merah lenyap dan rasa sakit serta gatal tidak ada lagi.

7. Meredakan nyeri menstruasi

Efek daun ubi jalar yang dapat meningkatkan pembekuan darah ini juga sangat berguna untuk mencegah terjadinya pendarahan yang berlebihan saat menstruasi.

Pendarahan yang berlebihan bisa menambah rasa sakit.  Mengkonsumsi daun ubi jalar akan mencegah pendarahan yang berlebihan sehingga rasa nyeri yang akan Anda alami juga akan berkurang.

8. Membantu mengobati sakit gigi

Rutin mengkonsumsi daun ubi jalar bisa mencegah gigi berlubang.

Berkumur menggunakan ramuan daunnya bisa menyehatkan mulut. Ada empat jenis vitamin yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan gigi dan gusi, yang keempatnya tersedia dalam daun ubi jalar, yaitu :

-vitamin A yang berperan melancarkan poduksi air liur

-vitamin C yang fungsinya antara lain mencegah gusi berdarah

-vitamin  D untuk menguatkan gigi, dan

- vitamin K untuk meningkatkan kesehatan gigi

9. Meningkatkan kesehatan jantung

Makan daun ubi jalar bisa membantu mencegah terhambatnya aliran darah akibat pengapuran pembuluh darah.

Pengapuran pembuluh darah adalah penyakit berbahaya yang sulit terdeteksi yang jika terlambat mengatasinya organ organ penting di dalam tubuh bisa berhenti bekerja. 

Ginjal, hati bahkan jantung akan berhenti. 

Tentu saja usia pun akan berhenti.

Efek samping daun ubi jalar

Pertama tama yang perlu jadi perhatian adalah tidak mengkonsumsinya berlebihan. 

Kelebihan vitamin K pada daun ubi jalar bisa mengakibatkan serangan jantung.

Merebus daun ubi jalar selama sepuluh menit dan minum satu cangkir setiap hari selama seminggu adalah salah satu cara aman mengkonsumsinya.

Demikian 9 manfaat daun ubi jalar untuk kesehatan dan efek sampingnya ini, semoga bermanfaat.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel