Honeysuckle, Manfaat Dan Khasiatnya Untuk Kesehatan

Honeysuckle adalah tanaman semak berbentuk lonceng yang mudah ditemukan di Asia bagian utara, Eropa dan di  benua Amerika terutama di Kanada. Lebih dari 175 species tanaman honeysckle ini, masing masing memiliki tampilan yang mirip. Dan semuanya dikagumi karena indah.Yang paling sering digunakan untuk kesehatan hanya dua species yaitu Lonicera japonica dan Lonicera periclymenum. Wujud bunganya seperti tabung yang langsing, berwarna putih, kuning atau oranye, dan pink. Memiliki buah yang umumnya beracun sehingga dalam pengobatan buah itu tidak disertakan. 

Memiliki sejumlah nutrisi penting yang berguna untuk kesehatan honeysuckle telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Mereka percaya tanaman ini bisa membuat panjang umur. Varietas honeysuckle yang digunakan adalah Lonicera japonica, yang memang asli berasal dari Cina. 

Begitu pula dengan orang Jepang, mereka menggunaan tanaman yang sama. Tanaman ini disebut mengandung lebih dari 140 senyawa kimia. Linalool, asam hexadecenoic, ethyl palmitate dan dihydrocarveol adalah beberapa di antaranya. Honeysuckle memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat meningkatkan kesehatan, tinggi kandungan flavonoid yang bisa meredakan peradangan. Sifat antibakterinya terkenal kuat. Apa saja manfaat honeysuckle ini untuk kesehatan, itulah yang akan dibahas, berikut di bawah ini.

Manfaat Dan Khasiat Honeysuckle Untuk Kesehatan

honeysuckle

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Honeysucke bisa membantu melawan gangguan kesehatan yang umum terjadi saat pergantian cuaca. Ramuannya bisa mencegah  serta meringankan pilek dan flu. Batuk bahkan demam tinggi juga dapat diredakan. 

Minum ramuan yang terbuat dari honeysuclkle dicampur madu berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Meredakan sakit tenggorokan

Penyebab sakit tenggorokan bisa bermacam macam.

Bisa karena infeksi bakteri. Alergi atau polusi udara. Produksi asam lambung yang meninggi pun dapat memicu sakit tenggorokan. 

Sakit tenggorokan biasanya bisa sembuh sendiri.

Tapi jika tidak sabar dan ingin mengobatinya maka honeysuckle bisa Anda gunakan. Daunnya bersifat astringen. 

Dapat digunaan sebagai sebagai obat kumur untuk meredakan sakit tenggorokan.

3. Mengobati sakit kepala

Bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Ini penyakit yang bisa membuat aktivitas terganggu. Mungkin Anda mengidapnya akibat tubuh yang kekurangan cairan. Atau kurang banyak  istirahat.

Pengobatan dengan cara kompres dingin bisa dilakukan untuk meredakan rasa nyeri.

Dan jika Anda ingin dengan cara internal, minum teh honeysuckle yang anti-inflamasi ini juga bisa membantu membebaskan Anda dari rasa nyeri karena sakit kepala.

4. Menjaga kesehatan kulit

Flavonoid dan saponin, dua kandungan honeysuckle itu akan melindungi kulit Anda dari kerusakan kulit akibat radikal bebas. Ekstrak bunga tumbuhan ini juga bermanfaat melndungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Minyak honeysuckle adalah antiseptik. Minyak itu banyak memberi bantuan untuk meringankan kulit.

Sifat anti-inflamasinya yang kuat membuat tanaman ini bisa membantu mengobati ruam dan eksim. Honeysuckle juga bisa mengobati kulit yang memerah berikut bintik bintik merah yang timbul di wajah akibat rosacea.

5. Meningkatkan sistem pencernaan

Minum teh hineyduckle bisa membantu metingankan beberapa penyakit yang disebabkan kuman.

Daunnya adalah antibiotik yang bisa melawan mikroba stafilococcus dan basil coli yang sering membuat masalah pada saluran pencernaan.

6 Meredakan stres

Aroma yang tersebar dari tanaman ini bisa membantu meredakan stres. Mencium aroma itu bisa membuat perasaan menjadi tenang. Perasaan penuh dengan suasana damai. Anda takkan mudah tersinggung dan emosi.

Minum teh honeysuckle di pagi hari membuat Anda bisa menjalani hidup seharian dengan tenang tanpa gelisah. Apalagi jika malam menjelang tidur Anda mengkonsumsinya lagi.

Tidur yang nyenyak akan Anda nikmati.

Cara membuat teh honeysucle

Menggunakan bunganya yang terbaru dan masih segar, disiram dengan air mendidih dan dibiarkan sekitar seperempat jam.

Diminum, rasanya manis dan segar. 

Sebagian orang mrngkonsumsinya tanpa menambahan pemanis

Efek samping

Mengandung banyak bahan aktif yang salah satunya bisa mengencerkan darah, honeysuckle tidak baik buat penderita gangguan pendarahan.

Masih terkait dengan kandungan bahan aktifnya tumbuhan ini juga harus dihindari oleh wanita hamil dan menyusui.

Demikian tentang honeysuckle, manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan ini.

Semoga bermanfaat


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel