Legetan, Manfaat Dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan

Sebagian masyarakat kita biasa mengkonsumsi tanaman ini. Dikonsumsi segar sebagai lalapan. Di mancanegara selain dimakan mentah dalam salad juga biasa diolah dengan cara direbus atau dipanggang. Pizza yang berisi legetan juga ada di sana. Cabang, daun dan bunga yang berasal dari tanaman yang secara ilmiah bernama Spilanthes acmella ini memang dapat dimakan. 

Selain dimakan tumbuhan yang juga bernama jotang ini diyakini memiliki potensi dalam pengobatan alternatif. Antijamur, antiseptik dan antivirus adalah beberapa khasiatnya yang bermanfaat menunjang kesehatan. 

Tumbuhan ini juga mengandung karbohidrat, zat besi, fosfor. Juga mengandung retinol, senyawa yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit. Legetan juga terkenal dengan keampuhannya mengobati sakit gigi.  Juga mampu melancarkan pengeluaran urin, bisa mengencangkan kulit dan melalui beberapa macam pengolahan masih banyak manfaat lain legetan ini selain yang sudah disebut tadi, yang selanjutnya akan diuraikan di bawah ini.

Beberapa Manfaat Legetan Untuk Kesehatan

legetan

1. Mengobati sakit gigi

Sedikitpun tidak ada alasan untuk meragukan keampuhan tanaman ini sebagai obat sakit gigi. Spilanthol adalah senyawa khas pereda nyeri yang terdapat dalam legetan ini, efeknya yang mampu menembus lapisan dalam pipi akan menghilangkan rasa nyeri karena sakit gigi.

Cukup dengan berkumur saja menggunakan daun legetan sudah bisa membuat mulut Anda nyaman dan terbebas dari rasa sakit akibat sakit gigi dan gusi bengkak.

Cara lain, langsung menempelkan daun legetan yang sudah Anda kunyah pada lubang gigi yang sakit 

2. Menambah energi

Senyawa tiamin disebut juga vitamin B1. Berguna untuk meningkatkan fungsi metabolisme. Secara langsung tiamin akan  bekerja membantu produksi energi di dalam tubuh dan mengkonsumsi legetan bisa membuat tubuh yang kelelahan kembali bertenaga.

3. Mengatasi kelebihan cairan dalam tubuh

Tubuh yang bengkak akibat kelebihan cairan adalah suatu kondisi yang tidak diinginkan oleh siapapun. Bukan cuma mengundang rasa tidak nyaman, bernafas saja sesak dan susah. Berbagai penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi juga bisa terjadi.

Gunakan legetan ini untuk mengatasi kelebihan cairan di tubuh Anda. 

4. Meredakan asma

Nafas yang sesak dan susah paling umum terjadi karena asma dan legetan memiliki kemampuan untuk mengatasi hal itu.

Bisa Anda kombinasikan dengan jahe dan temulawak karena keduanya adalah herbal yang juga mampu meredakan asma. Jahe bisa merelaksasi otot otot pada saluran pernafasan. Demikian juga temulawak, efeknya mampu meredakan peradangan.

Haluskan satu gengam daun berikut bunga legetan serta masing masing satu rimpang jahe dan temulawak. Rebus dengan setengah liter air sampai volume air tinggal setengahnya, tambah garam. 

Selain membuat badan terasa hangat ramuan itu akan membebaskan Anda dari gangguan asma.

5. Mengendurkan pembuluh darah

Legetan memiliki efek membuat pembuluh darah tidak tegang.

Pembuluh darah yang tidak tegang sangat diperlukan untuk mencegah timbulnya berbagai masalah kesehatan

6. Meningkatkan libido

Khusus untuk pria, salah satu faktor libido menurun adalah testosteron yang rendah. Bukan selalu testosteron rendah yang menjadi penyebabnya memang, tetapi jika itu yang terjadi maka menggunakan legetan bisa menjadi salah satu cara mengatasinya.

Meskipun hanya sebatas studi dengan tikus sebagai hewan coba, legetan ternyata memiliki khasiat meningkatkan keinginan seksual berkat efeknya yang mampu meningkatkan testosteron.

7. Membantu mengobati kudis

Kekurangan vitamin C bisa menurunkan kadar kolagen. Kulit pun bisa menjadi kusam, kering bahkan kasar bersisik dan terasa gatal.

Daun legetan kaya vitamin C, selain meningkatkan kekebalan, rutin minum teh dari olahan daun legetan sangat membantu dalam penyembuhan penyakit kudis.

Cara mengolah legetan

Cara paling mudah untuk mendapat manfaat tumbuhan ini adalah mengolahnya dalam bentuk teh, siapkan 10 daun legetan, siram dengan 500 ml air mendidih dan tunggu 10 menit. 

Saring untuk kemudian diminum tiga kali sehari.

Efek samping mengkonsumsi legetan

Tetap memerlukan kehati-hatian saat menggunakan tanaman ini.

Walau Anda sedang mengambil manfaat dari bahan alami, berlebihan mengkonsumsinya bisa menghasilkan keburukan. Khususnya saat Anda mengkonsumsinya untuk mengatasi tubuh yang kelebihan cairan dan sebagai peningkat libido.

Legetan yang mampu memicu kontraksi rahim ini juga tidak boleh dikonsumsi wanita hamil.

Demikian tentang legetan, manfaat dan efek sampingnya untuk kesehatan ini.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel